Berantas Pungli, Ini Dilakukan Samsat Sidrap

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Instruksi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian tentang gerakan anti pungutan liar (Pungli), didukung penuh jajaran Polres Sidrap, termasuk kantor gabungan Samsat Sidrap.

Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Satlantas Polres Sidrap, IPDA Muh Tang, SH, MH yang ditemui di kantornya, Jumat (16/12/2016), mengatakan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya meminta kepada seluruh petugas yang dibawahinya untuk menghindari pungutan liar (Pungli).

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menindak lanjuti program prioritas Kapolri yaitu, profesional, modern dan terpercaya di bidang penguatan pengawasan.

Kata dia, himbauan bagi petugas yang melayani masyarakat dalam mengurus SIM dan STNK dan BPKB di wilayah hukum Polres Sidrap, pihaknya memasang sejumlah spanduk dan banner dibeberapa sudut di kantor Samsat Sidrap dan ditempat pelayanan SIM di Polres Sidrap.

“Iya betul, sejumlah spanduk dan banner bertuliskan seruan stop pungli bukan hanya diperuntukkan bagi petugas, akan tetapi juga diperuntukkan kepada masyarakat agar tidak berusaha menyuap petugas untuk memuluskan pengurusan administrasi kelengkapan kendaraannya,”jelas IPDA Muh Tang.

Dijelaskannya, tulisan banner yang memiliki pesan moral dengan tulisan ‘No Pungli, Yes Melayani’ merupakan cetusan dan instruksi Kapolres Sidrap, AKBP M Anggi Naulifar Siregar yang harus dipedomani bagi petugas agar tidak terjebak dengan kasus pungli.

” Dengan adanya seruan melalui banner dan spanduk ini, tentunya kami berharap agar warga atau wajib pajak tidak lagi menggunakan jasa calo guna menghilangkan anggapan bahwa polisi itu selalu terima uang diluar dari tarif PNBP yang diatur dalam peraturan pemerintah nomor 5 tahun 2010,” harap IPDA Muh Tang, Mantan Kanit Regident Polres Mamuju Utara, Sulbar.(*)