Jika Hentikan Kasus Pasar Lakesi, ACC Sulawesi Akan Gugat Kejati Sulselbar

Wiwin Suwandi, Direktur Riset dan Data Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Direktur Riset dan Data ACC Sulawesi, Wiwin Suwandi mengatakan akan melakukan gugatan praperadilan jika Kejati benar menghentikan penanganan perkara dugaan korupsi pembangunan dan pungli panjar uang muka lods Pasar Lakessi, Kota Parepare.

“Kalau kejati menghentikan pengusutan kasus pasar Lakessi hanya karena kerugian negara sudah dikembalikan, itu sudah perbuatan melawan hukum dan menyalgunakan wewenang,” ujar Wiwin.

Menurutnya dalam pasal 4 Undang undang Tipikor sudah jelas menyebutkan bahwa pengembalian kerugian negara tidak menghapus unsur pidananya.

“Itu(Pasal 4 UU) tidak bisa ditafsirkan lain. Nah kejati ini seolah-olah menafsirkan lain. Padahal mereka penegak hukum yang menjalankan perintah UU. Mereka tidak bisa menafsir hukum seenak perut mereka,” ungkapnya.

Wiwin menjelaskan “Teori dasarnya begini, perbuatan pidana itu dihitung sejak perbuatan pidana itu terjadi. Saat perbuatan pidana terjadi, hukum sudah bertindak disitu,”pungkasnya.

Ia menambahkan secara hukum tidak ada alasannya tidak ada dasarnya. Hal tersebut hanya alasan yang dibuat-buat saja. Alasan tersebut adalah alasan yang bertentangan dengan apa yang tertulis dalam UU.

Wiwin mengatakan”Kita tunggu responnya Kejati, kalau misalnya dihentikan, kami akan gugat praperadilan,”(*)