Wagub Sulsel Minta Kabupaten Kota Bentuk Tim Saber Pungli

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang menghadiri rapat koordinasi pengawasan daerah tahun 2016, di Hotel Horison Makassar Kamis (22/12/2016) pagi tadi.  Rapat ini untuk melakukan fungsi pengawasan kinerja disetiap daerah dan penanganan pungutan liar (pungli.)

Agus menyoroti kabupaten/kota yang belum membentuk tim Sapu Bersih Pungli (Saber Pungli) agar segera dibentuk, namun Agus tidak menyebutkan kabupaten/kota tersebut.

“saya minta juga kabupaten/kota yang belum bentuk saber pungli, segera melakukannya karena komitmen pencegahan itu perlu,” tegas Agus dalam sambutannya.

Pemprov Sulsel mengaku telah berkomitmen satgas dan saber pungli untuk langkah pencegahan, bukan hanya penindakan. Kepala Inspektorat Sulsel Yusuf Sommeng mengatakan pembentukan tim saber pungli ditingkat kabupaten/kota hampir seluruhnya telah dibentuk.

“hampir rata-rata dari perjalanan saya di Sulawesi Selatan ini sudah hampir 100 persen,” ujar Yusuf.

Yusuf menyebutkan kabupate Wajo, Bone dan Gowa salah satu contoh yang telah membentuk tim saber pungli ditingkat daerah, namun dirinya tidak mengetahui pasti terkait kabupaten/kota yang belum membentuk tim saber pungli.

“masih ada 1-2 saya tidak tau persis, kemarin Bone sudah, Wajo sudah, Gowa sudah, saya belum tau data secara keseluruhannya lagi,” pungkasnya.

Meski masih terbilang baru, tim saber pungli dinilai akan merubah sistem pelayanan publik di Sulsel. (*)