Gugatan Banding Diterima, Bupati Barru Non Aktif Idris Syukur Divonis Bebas Pengadilan Tinggi Makassar

Saat Andi Idris Syukur, jalani persidangan di Pengadilan Negeri Makassar (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Makassar, akhirnya menjatuhkan vonis bebas terhadap Idris Syukur, Bupati non aktif Kabupaten Barru. Putusan vonis bebas Idris dikeluarkan pada tanggal 6 desember 2016 lalu berdasarkan berkas perkara No 62/Pid.sus.Tpk/2016/PT Makassar

Ibrahim Palino, Juru Bicara Pengadilan Tipikor Makassar
Ibrahim Palino, Juru Bicara Pengadilan Tipikor Makassar

Majelis hakim yang dipimpin oleh Jack Johanis Octavianus bersama Yance Bombing dan Padma D Liman selaku Hakim Anggota dalam amar putusannya menyatakan bahwa “membebaskan terdakwa Idris Syukur dari segala dakwaan Jaksa Penuntut Umum, Memulihkan Hak terdakwa Idrsi Syukur dalam kemampuan kedudukan serta harkat dan martabatnya, serta mengembalikan barang bukti yang telah di sita berupa mobil pajero sport berserta kelengkapan surat-suratnya”

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ibrahim Palino, menjelaskan bahwa salinan putusan Idris Syukur telah diterima di Pengadilan Makassar. Langkah selanjutnya ialah memberitahukan kepada terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum.

“salinan putusannya sudah kita terima, Idris Syukur dinyatakan bebas di Pengadilan Tinggi, kita akan meregister terlebih dahulu lalu memberitahukan kepada terdakwa dan jaksanya,” Ujar Ibrahim Palino

Sementara itu, Penasehat Hukum Idris Syukur, Aliyas Ismail menyatakan sangat bersyukur mendengar bahwa Pengadilan mengabulkan permohonan banding dan menjatuhkan vonis bebas kepada cliennya. “Kami bersyukur, bahwa apa yang kami ajukan dalam keberatan banding diterima oleh hakim tinggi,” Ujarnya

Sebelumnya, Idris Syukur dinyatakan bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Kota Makassar dan divonis sebanyak empat tahun enam bulan penjara dan denda 250juta rupiah.

Beberapa bulan kemudian, menyusul putusan diterimanya gugatanya perdata yang diajukan oleh istri Idris Syukur, Andi Citta Mariogi yang menyatakan bahwa proses jual mobil pajero sport yang diduga merupakan hasil grativikasi Idris ialah sah jual beli.

Hasil gugatan perdata oleh Andi Citta Mariogi kemudian dilampirkan dalam berkas banding Idris dan menjadi pertimbangan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi untuk memvonis bebas Bupati non Aktif, Kabupaten Barru, Idris Syukur. (*)