Awal 2017, Proyek Pembangunan Jembatan Tello Kembali Ditender

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Proyek pembangunan Jembatan Tello Makassar akan kembali dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 dengan nilai alokasi anggaran dari APBN Rp 5 miliar.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Jalan Metropolitan BBPJN XIII, Rahman Jamil mengatakan saat ini proses tender masih berjalan dan diharapkan hasilnya dapat diketahui sebelum pergantian tahun.

Diperkirakan pekan depan tahapan tender mulai masuk tahapan evaluasi panitia, untuk menentukan pemenangnya. Setelah proses tahapan tender selesai, awal Januari mendatang proyek ini sudah bisa dikerjakan.

“Kami akan betul-betul menyeleksi kontraktor yang akan dimenangkan,” ungkapnya.

Rahman menerangkan jika proyek jembatan mampu dikerjakan cepat, maka perampungan jembatan tak butuh lama. Apalagi mobilisasi alat dan bahan yang dibutuhkan telah disediakan oleh pihaknya, tinggal dikerjakan oleh kontraktor nantinya.

“Balok dan rangka jembatan yang akan dipasang, semua sudah selesai dipesan,” pungkasnya.

“Berbeda dengan pekerjaan jembatan pada umumnya, metode pelaksanaan pelebaran jembatan Sungai Tello ini lebih rumit. Banyak aktifitas pembongkaran jembatan lama,”tambahnya.

Rahman  menekankan agar kontraktor yang menang tender harus punya strategi khusus dalam memasang tiang jembatan tersebut.(*)