Pemprov Sulsel : Menang Banding, Status Non Aktif Idris Syukur Harus Dikembalikan

Saat Andi Idris Syukur, jalani persidangan di Pengadilan Negeri Makassar (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Terkait status bebasnya Bupati Non Aktif, Kabupaten Barru Idris Syukur menuai komentar dari pihak Pemerintah Provinsi Sulsel. Kepala Biro Hukum Sulsel Lutfi Nasir mengatakan berdasarkan aturan status non aktif sebagai bupati harus dikembalikan karena berdasarkan hukum dianggap tidak bersalah.

“Proses tingkat pertama itu dijatuhi hukuman 4 tahun kalau ndak salah. tetapi di proses selanjutnya dia bebas dan tidak terbukti perbuatan melawan hukum. sehingga menurut ketentuan UU 23 harus aktif kembali oleh mendagri,” tandas Lutfi Natsir.

Jika dilakukan banding atau kasasi, Lutfi menjelaskan status non aktif harus terlebih dahulu dicabut karena sudah menjadi ketentuan Undang-undang.

“Karena ada putusan yang bebas, kalau misalnya JPU melakukan upaya hukum kasasi, pelaksanaanya juga lain. Aktifkan dulu, itu amanat UU, kalau dia terbukti di MA terbukti salah diberhentikan kembali,” ujarnya.

Bahkan, jika ditingkat Mahkamah Agung juga dinyatakan bebas maka pihak kejaksaan harus melakukan rehabilitasi nama baik Idris Syukur. (*)