Pembangunan Rel KA, SYL Tidak Ingin Ada Campur Tangan Pihak Asing

Presiden Jokowi Kunjungi Pembangunan Rel Kereta Api di Kab. Barru beberapa waktu lalu. (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kementrian Perhubungan RI rencananya akan menggaet investor untuk menangani proyek pembangunan Rel Kereta Api Sulawesi Selatan. Rencananya, pemerintah pusat ingin menyelesaikan rel KA sepanjang 30-40 km lalu diserahkan kepihak swasta.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL)  menganggap dana Rp 5,2 triliun melalui APBN akan dimaksimalkan untuk melanjutkan pembangunan fisik.

“5,2 triliun itu banyak loh. Walaupun memang untuk sampai di Manado kan harus 111, tapi menurunkan uang 5,2 triliun di Sulawesi Selatan bukan persoalan kecil,” tandas SYL saat ditemui di Hotel Santika, Selasa (27/12/2016) siang tadi.

Sementara itu, terkait rencana akan dipihak swastakannya lanjutan proyek rel KA, Syahrul mengisyaratkan tidak setuju dengan keputusan tersebut dengan alasan nasionalisme.

“Kita jalan dengan bertahap, saya berharap seperti itu. Sebenarnya banyak uang yang dijanjikan tapi kan harus ada pertimbangan nasionalisme. Kalian sudah paham apa yang saya maksud ?,” kata SYL didepan awak media.

Alasan nasionalisme Syahrul yang diungkapkan bahwa ia tidak ingin jika ada campur tangan orang asing untuk membangun infrastruktur di Sulsel.

“Setuju tidak usah toh ? Biarkan saja pelan-pelan,” tutup dan singkat SYL.