Sekitar 10 Persen Masyarakat Takalar Belum Menentukan Pilihan

Herman Haizer

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Direktur Celebes Research Center (CRC), Herman Heizer mengatakan, debat kandidat Pilkada Takalar yang berlangsung  Rabu mala mini,  merupakan upaya merebut suara pemilih yang sampai saat ini belum menentukan pilihan.

Herman mengungkap, dari riset terkahir yang dilakukan oleh CRC, masih ada sekitar 10 persen masyarakat Takalar yang belum menentukan pilihan.

“Dari jumlah itulah kemudian mereka akan melihat langsung penyampaian visi-misi dan program para kandidat, sebagai sebagai salah satu rujukan sebelum menentukan  pilihan,” ujarnya saat ditemui di Gedung Menara Bosowa, Jalan Jenderal Sudirman, pada Rabu malam (28/12/2016).

Herman menilai, debat kandidat ini adalah kesempatan yang sangat tepat dan sangat baik bagi masyarakat untuk menentukan piihan.

“Misalnya, kandidat nomor urut 1, Bur-Nojeng harus bisa menjelaskan dan meyakinkan apa yang telah dilakukan empat tahun terakhir ini. Dalam artian, konteksnya tidak lagi berjanji tetapi menjelaskan kepada publik bahwa Bur-Nojeng telah bekerja dengan baik,” kata Herman.

Sementara itu, untuk penantang,  Syamsari-Dg Se’re juga mesti mampu mengkritik, sekaligus menyampaikan kepada publik, ada hal baru yang mampu ia lakukan jika menjadi pemimpin kelak.

“Debat kandidat ini merupakan salah barometer bagi masyarakat untuk menetukan pilihan utamanya bagi pemilih yang belum menentukan pilihannya,” pungkas Ketua HIPMI Sulsel ini.(*)