Revitalisasi Danau Tempe Terkendala Anggaran

Danau Tempe, Kabupaten Wajo, Sulsel (int)
HUTNasDem

SUARACELEBES.COM, WAJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo bakal menunda rencana revitalisasi Danau Tempe. Pasalnya, anggaran daerah belum siap dalam melakukan pembebasan lahan.
Kepala Dinas DBMCKJK dan TR, Haeril Amri Wawo mengatakan, butuh dana untuk pembebasan lahan sebelum meminta anggaran revitalisasi. Pembebasan lahan yang dimaksudkan untuk membangun jalan menuju kawasan yang akan dilakukan revitalisasi.

“Rencananya rancangan tersebut akan diperlihatkan ke Presiden Jokowi ketika datang berkunjung ke Wajo. Karena salah satu Nawacita kelima pemerintahan Jokowi-JK adalah pariwisata,” ujarnya.

Banner NH-AZIZ

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Pertanahan (Disperkimta) Kabupaten Wajo, M Natsir membenarkan terkait pembebasan lahan yang dimaksudkan memang belum ada anggaran. Kata dia, mungkin akan diajukan ke APBD perubahan.

Sekadar diketahui, pembebasan lahan jalan akses menuju Danau Tempe dibutuhkan anggaran sekira Rp. 250 juta. Rencananya, ada delapan rumah yang akan dirubuhkan dalam pembebasan lahan tersebut. Delapan rumah itu berada bagian barat di Jalan Rusa, Sengkang Kabupaten Wajo.
“Nah, itu harus dibebaskan dulu karena itu merupakan jalan masuk,” ungkapnya. Haeril Amri Wawo menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah melakukan penyampaian terhadap warga pemilik rumah tersebut. Kata dia, pemilik rumah telah bersedia untuk pembebasan lahan. Hanya saja, di anggaran pokok ini belum dianggarkan

Sebelumnya, Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Jasa Konstruksi, dan Tata ruang (DBMCKJK dan TR) telah membuat rancangan terkait penataan Danau Tempe.

Informasinya, revitalisasi Danau Tempe ini akan dibuat menyerupai Pantai Losari, Makassar. Selain itu, di Kawasan ini juga nantinya akan dibangun fasilitas umum seperti masjid, sarana bermain dan gedung serba guna.(*)