banner dprd mkassar
Sidrap  

Dirjen Dikdas: Bupati Sidrap Tokoh Pejuang Literasi

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) mendapatkan penganugrahan atau penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) atas gerakan literasi yang diterapkan Bupati Sidrap H Rusdi Masse (RMS) melalui Dinas Pendidikan Pemkab Sidrap.

Kabupaten Sidrap berdasarkan indeks pembangunan literasi secara nasional menempati urutan ke 4 skala nasional setelah Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Lumajang dan dan Kabupaten Bandung Barat.

Pemberian penghargaan ini diserahkan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud RI Hamid Muhammad dan diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sidrap H Ruslan, Senin (20/3/2017) di ruang pola Kemendikbud RI, Jakarta.

“Inilah para kepala daerah, bupati yang mendapatkan penghargaan atas perkembangan gerakan literasi di Indonesia. Bapak bapak inilah termasuk Bupati Sidrap adalah para tokoh pejuang literasi nasional kita,” ujar Hamid saat dimintai tanggapannya usai menyerahkan penghargaan literasi.

Sekda Sidrap H Ruslan saat memberikan testimoni di aara tersebut mengatakan, keberhasilan Sidrap menempati urutan keempat dalam indek pembangunan literasi Indonesia adalah bagian dari perjuangan Bupati Sidrap H Rusdi Masse (RMS) yang mampu membuka ruang kepada masyarakat dan anak sekolah untuk membaca di luar jam pelajaran, dan membaca di ruang publik.

“Hasilnya, masyarakat berpartisipasi, para siswa lebih bersemangat, dan itu semua karena kebijakan dan petunjuk dari Bapak Bupati Sidrap. Ke depan ini gerakan literasi Sidrap akan terus kami tingkatkan,” ujar Ruslan.

Dalam kesempatan itu, Ruslan menjelaskan bahwa, Pemkab Sidrap akan terus mendukung progam literasi mulai dari penyediaan buku hingga penyediaan anggaran dari daerah maupun dari kementerian pendidikan dan kebudayaan RI.

“Ini tinggal dilanjutkan dari tahun ke tahun, dan pasti akan terus meningkat hasilnya,” ujar Ruslan.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *