banner dprd mkassar
Sidrap  

Warga Lain Sibuk Bayar BPJS, di Sidrap Cukup KTP Bisa Nikmati Kesehatan Gratis

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, SIDRAP — Jika daerah lain warga di Sulsel harus sibuk dengan pembayaran premi BPJS sebagai dasar pengobatan gratis di puskesmas dan Rumah Sakit, beda dengan di Sidrap. Di kabupaten dengan angka kemiskinan paling rendah di Sulsel ini cukup warga memperlihatkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) di RS dan Puskesmas, maka sudah bisa menikmati pelayanan kesehatan dan pengobatab gratis.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidrap Sudirman Bungi, Kamis (22/6/2017) di Sidrap.

Menurutnya, kesehatan gratis sejak dua tahun lalu sudah dihapus oleh Pemprov Sulsel. Hanya di Sidrap dengan inisiatif Bupati Sidrap H Rusdi Masse (RMS) program kesehatan gratis ini tetap dilanjutkan di Sidrap.

“Cukup KTP warga sudah bisa menikmati kesehatan gratis. Tak perlu bayar BPJS,” ujar Sudirman.

Jika masyarakat Sidrap tetap ingin menjadi anggota BPJS bisa saja. Mereka tinggal membayar premi tiap bulan. “Tapi khusus untuk kesehatan gratis di Sidrap semua tercover. Siapapun. Tinggal KTP dan KK saja diperlihatkan,” tambahnya.

Sekadar diketahui, sejak 2009 lalu Pemprov Sulsel telah menelorkan program kesehatan gatis. Program ini wajib bagi daerah melaksanakannya dengan sharing anggaran pembiayaan. Dimana masing masing Pemkab/pemkot menanggung 60 persen sedangkan Pemprov 40 persen.

“Tapi itu sudah dihapus pemprov, hanya Sidrap yang mempertahankannya dengan menggunakan full anggaran APBD,” tutup Sudirman.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *