Kado Hari Sumpah Pemuda, Gema Desantara Persembahkan Pemuda Tani

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBES.COM, BULUKUMBA – Gema Desantara menggelar pelatihan kepeloporan pemuda bidang pertanian organik dengan tema Pertanian Berbasis Kearifan Lokal, di Kabupaten Bulukumba. Kegiatan ini bertujuan selain untuk menyediakan SDM yang unggul di bidang pertanian, juga untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap pupuk kimia.

PicsArt_10-29-09.54.27

Ketua Umum DKN Gema Desantara, Jaelani mengatakan dalam kegiatan ini bagaimana pemuda dilatih untuk dapat membuat pupuk sendiri berdasarkan potensi lokal yang dimiliki, selain itu mereka juga disiapkan untuk menjadi generasi petani di masa sekarang dan yang akan datang.

“Pentingnya pemuda dilatih untuk bertani agar tercipta repitalisasi SDM pertanian yang sampai saat ini masih didominasi oleh kaum tua, sehingga keberadaan pemuda ini merupakan penyegaran SDM pertanian. Terlebih lagi, Indonesia akan menghadapi bonus demografi, potensi pemuda harus dikelola dengan baik, jika tidak, bonus demografi akan menjadi petaka bagi Indonesia,”kata Jaelani, Minggu (29/10/2017).

Jaelani menambahkan, bahwa di luar sana banyak pihak yang meragukan, apakah masih ada pemuda yang mau bertani. “Dari beberapa kegiatan yang telah kami lakukan ternyata sebagian besar peserta pelatihan yang notabene berusia 16-30 tahun ternyata memang betul-betul sebagai petani. Ini tentu menjadi hal yang sangat baik untuk sinergitas dan kesinambungan program kedepan,”tambahnya.

Bupati Bulukumba, A.M Sukri A. Sappewali sangat mengapresiasi kegiatan yang dihelat oleh DKN Gema Desantara di Kabupaten Bulukumba ini. Bupati berharap pembentukan kader ini bisa menjadi wadah dalam peningkatan hasil pertanian di Bulukumba.

“Saya berharap Pemuda di sini bisa membuat pertanian percontohan agar produksi hasil pertanian kita bisa meningkat setiap tahunnya. Saya siap membantu dalam hal sarana dan prasarana”, tegas AM Sukri.

Dalam sambungan Video Conference, Menteri Pemuda dan Olahraga, Bapak H. Imam Nahrawi juga menyampaikan apresiasi yang besar kepada Bupati Bulukumba karena tidak henti-hentinya memberikan dukungan dan semangat kepada generasi muda guna peningkatan hasil pertanian di Bulukumba.

Sementara Sekjend DKN Gema Desantara, Asep SB Ali menjelaskan, di tahun 2017 kegiatan ini akan dilakukan di 20 kabupaten di 7 Provinsi, dengan target capaian melahirkan 1000 pemuda kader pelopor pertanian organik.

Dalam kegiatan ini, selain diberikan materi pelatihan di dalam kelas, juga dilakukan praktek lapangan bagaimana cara membuat pupuk organik dan cara penggunaannya.

Selain itu, untuk menjaga kesinambungan program, Gema Desantara juga akan melakukan pendampingan peserta setelah pelatihan. Pendampingan tersebut sangat penting untuk memastikan setelah mengikuti pelatihan, mereka betul-betul menerapkannya sehari-hari. “Tidak hanya berhenti sampai pelatihan, kami akan terus mengawal dan mendampingi mereka hingga betul-betul menjadi pemuda pelopor di bidang pertanian organik”, tegas Asep.(*)