banner dprd mkassar
Gowa  

Hut Gowa, Kado Rp4 Miliar dari Gubernur

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, GOWA — Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-697 Kabupaten Gowa di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Jum’at sore (17/11).

Hari jadi tahun ini mengangkat tema “Revitalisasi Kearifan Lokal dalam Kebersamaan Menuju Gowa Lebih Baik” dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel dan sejumlah bupati se-Sulsel. Mantan Bupati Gowa Periode 2005-2015 Ichsan Yasin Limpo juga terlihat hadir.

Pada HUT kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar ini, acara dimulai dengan menampilkan atraksi 1000 orang paganrang yang memainkan irama Tunrung Pakanjara’ secara serentak.

Pemukulan gendang diawali Gubernur Sulsel SYL dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL. Atraksi pemain gendang ini tercatat rekor Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (Leprid).

Gubernur Sulsel SYL dalam sambutannya berharap hari jadi Kabupaten Gowa ke-697 ini menjadi momentum untuk menjadikan Gowa lebih baik, lebih maju, modern dan mandiri.

“Saya senang mendengarkan Pak Bupati bilang Gowa harus dua kali lipat lebih gemilang dari Sulsel,” kata Syahrul YL.

Selain karena usia Gowa (Kerajaan Gowa) dua kali lipat dari usia Sulsel yang saat ini baru berusia 348 tahun. SYL juga menambahkan bahwa Sulsel hanya bisa baik karena hadir Kabupaten Gowa yang memberikan kontribusi dan mewarnai dengan baik.

Dia juga menjelaskan bahwa Gowa merupakan tanah lahirnya para tokoh agama, tokoh nasional bahkan tokoh dunia, yang telah memberikan kontribusi besar di tempat mereka mengabdi.

Seperti Sultan Hasanuddin, Syekh Yusuf dan keturunan Gowa, Napoleon Bonaparte.

“Orang Gowa intektualnya hebat, kita Suku Makassar juga punya tulisan lontara,” sebut mantan Bupati Gowa dua periode ini.

HUT ini merupakan yang terakhir dihadiri SYL sebagai Gubernur Sulsel. Pada kesempatan ini SYL memberikan bantuan sebesar Rp4 miliar pada Pemerintah Kabupaten Gowa.

Dia juga menyaksikan penandatanganan 11 proyek yang akan dilaksanakan, diantaranya, pembangunan irigasi tanah dangkal (ITD) dan program bantuan inklusi Kelurahan Bulutanra Kecamatan Tinggi Moncong.

Sementara itu Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, kabupaten dan masyarakat Gowa begitu kaya dengan kearifan lokal, kejayaan masa lalu, mampu menjadi motivasi untuk mencapai kejayaan dan keberadaban.

“Kita harus mengambil peran demi kemajuan daerah. Sejarah masa lalu memotivasi untuk mencapai kemajuan bersama,” ujar Adnan.

Adnan menyampaikan masyarakat Gowa puas dengan pemerintah daerah (pemda) selama satu tahun kepemimpinan Adnan Purichta dan Abdul Rauf Mallagani (Kio), dengan tingkat kepuasan berada diangka 74,9 persen.

Keberhasilan Gowa sejauh ini, ungkapnya, karena hubungan dan sinergi yang baik dengan Pemerintah Provinsi Sulsel.

Artis ibu kota Titi DJ yang populer dengan lagu “Sang Dewi” hadir menjadi pengisi acara.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *