Begini Cara Wabup Soppeng Menyerap Aspirasi Warga di Pedesaan

SUARACELEBES.COM, SOPPENG – Wakil Bupati Soppeng, Supriansa punya cara lain menyerap aspirasi masyarakatnya. Salah satu yang ia lakukan adalah menikmati makan bersama petani di pinggir sawah sambil mendengarkan cerita dan aspirasi dari rakyatnya. Seperti yang ia lakukan saat berkunjung ke Desa Maccile Kecataman Lalabata Soppeng, Selasa 28 November 2017.

Usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Soppeng, Supriansa berlatar belakang pengacara ini menyempatkan waktu ke pedesaan. Dan Desa Maccile Soppeng adalah sasaran daerah yang ia kunjungi.

Tiba di lokasi tersebut ia melihat sejumlah petani dan nelayan sungai yang sedang beraktivitas menangkap ikan menggunakan alat tradisional. Supri sapaan akrab Wabup Soppeng tersebut menghampiri para nelayan dan mencoba ikut menangkap ikan. Usai menangkap ikan, warga desa tersebut lalu membakar ikan untuk dihidangkan ke Wabup Soppeng.

Tak seperti pejabat lainnya, Wabup Soppeng ini menyarankan ke warga agar menikmati sajian ikan sungai ini di tepi sungai dan sawah. “Kebetulan cuaca sedang tidak panas jadi yah kita makan bersama warga dengan suasana seperti ini” ujar Supri.

Masyarakat yang semula terlihat segan akhirnya berbaur dan santai saat mereka duduk bersila di atas tikar bersama orang nomor dua di Kabupaten Soppeng ini. Beberapa kali mereka bercerita tentang hasil tangkapan serta aktivitas mereka di kampung. Termasuk apa yang mereka harapkan pada Pemda untuk mendukung daerah mereka sebagai desa percontohan pembibitan ikan sungai. Salah satunya adalah nya jembatan. “Insya Allah saya akan menceritakan hal ini kepada pak Bupati agar kita memperbaiki layanan jalan serta jembatan” kata Supri kepada masyarakat yang menemaninya makan siang di pinggiran sungai.

Supri mengaku senang mendengar cerita cerita dari masyatakatnya. Apalagi dengan cara seperti ini, ia melihat masyarakat tak sungkan untuk menyampaikan pendapatnya . “Kalau begini kan enak. Kita sudah makan ikan lezat. Tambah lagi dengar masyarakat cerita dan berpendapat. Bukan sekedar meminta. Ini bagus buat kami di Pemda soppeng sekaligus buat masyarakat di pedesaan” ungkapnya.(*)