banner dprd mkassar
Sidrap  

Sosok Dibalik Prestasi Penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten Sidrap

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Sebuah prestasi kembali dicetak oleh Kabupaten Sidrap yang berhasil meraih Swasti Saba Wistara yang kedua kalinya. Prestasi ini mengantarkan Sidrap sebagai Kabupaten sehat urutan ke-7 tingkat Nasional. Raihan itu tak lepas dari kerja tim relawan kesehatan dari berbagai elemen, komunitas dan organisasi kesehatan yang dikomandoi Hj Fatmawati Rusdi.

Fatmawati ternyata adalah sosok yang memiliki peran sentral di balik penghargaan ini. Sebagai ketua Forum Kabupaten Sehat, Ketua Tim Penggerak PKK Sidrap ini juga memimpin tim relawan kesehatan untuk berbenah jelang penilaian.

Saat menerima Tim Penilai Kabupaten Sehat, Hj Fatmawati Rusdi sudah optimis, penghargaan tertinggi untuk kabupaten sehat, Wistara bisa diraih kembali tahun ini.

Salah satu alasannya, karena forum Kabupaten Sidrap menambah tatanan dari 6 tatanan jadi 7 tatanan.

Diantaranya, Kawasan pemukiman sarana dan prasaranan sehat, ketahanan pangan gizi, sehat dan mandiri, sosial sehat, industri perkantoran, hutan sehat, dan pariwisata sehat.

“Semua indikator ini akan dimaksimalkan. Sebab, selain untuk penilaian kabupaten sehat, juga menjadi indikator kesehatan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Selain 7 tatanan, upaya lain yang dilakukan, kata Fatmawati, adalah pembentukan forum kelembagaan. Setidaknya sudah ada 106 pokja untuk desa sehat. Artinya, tidak ada lagi desa/kelurahan yang tidak memiliki forum komunikasi desa sehat.

 

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *