banner dprd mkassar

Jika Terpilih, NH-Aziz Bakal Rintis Jalan Baru Menuju Bone dan Sinjai 

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, JAKARTA– Bakal Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid (NH), mengungkapkan pembangunan berbasis infrastruktur menjadi salah satu agenda prioritas untuk mengakselerasi pembangunan dan perekonomian daerah. Pembangunan infrastruktur dipaparkannya merupakan satu dari tiga poin konsep trikarya menuju Sulsel Baru.

Salah satu pembangunan infrastruktur yang dianggap perlu adalah pembukaan jalan baru Makassar-Bone dan Makassar-Sinjai. NH menyebut perintisan jalan pada dua rute tersebut terbilang penting. Jalan Makassar-Bone misalnya yang tidak banyak berubah, padahal rute tersebut sangat strategis dan menjadi penghubung menuju Sultra.

Selanjutnya, jalan Makassar-Sinjai melalui rute selatan Sulsel terbilang cukup jauh dan kondisinya pun tetap sama dari waktu ke waktu. NH menyebut perlunya ada ‘gebrakan’ pembangunan infrastruktur jalan, meski diakuinya membutuhkan dana besar. Tapi, itulah tantangan seorang gubernur.

NH mengatakan gubernur tidak boleh sebatas bertumpu pada APBD, tapi harus piawai ‘menarik’ APBN dan mendatangkan investor. Untuk jalan baru Makassar-Bone dan Makassar-Sinjai, NH memperkirakan butuh anggaran setidaknya Rp7,5 triliun. Masing-masing rute Makassar-Bone Rp3,5 triliun dan Makassar-Sinjai Rp4 triliun.

“Nominal sebesar itu tidak ada artinya kalau punya akses atau jaringan yang luas. Untuk apa saya mendapatkan label sebagai tokoh nasional, bahkan tokoh internasional, kalau tidak mampu untuk itu,” kata NH yang juga Wakil President International Cooperative Alliance Asia Pasific, Senin, 17 Desember.

NH melanjutkan tidak hanya merintis jalan baru menuju Bone dan Sinjai, sejumlah ruas jalan di kabupaten/kota pun mendesak dibenahi. Dalam berbagai kunjungannya ke pelosok daerah, ia mengaku miris melihat masih banyaknya jalan di daerah yang rusak. Kerusakannya beragam, baik itu memang berlubang maupun sebatas bergelombang.

Pembangunan berbasis infrastruktur itu, NH mengimbuhkan tentunya akan selaras dengan pembangunan berbasis ekonomi kerakyatan dan berbasis kearifan lokal. Pasangan Aziz Qahhar Mudzakkar itu menginginkan seluruh daerah di Sulsel bisa tumbuh berkembang seiring sehingga ketimpangan antara desa dan kota tidak semakin membesar. (*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *