banner dprd mkassar
Wajo  

Buka Balap Katinting, NH Naik Perahu Pincara Susur Sungai Walanae 

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, SENGKANG- Bakal calon Gubernur didapuk untuk membuka Pesta Rakyat Balap Katinting di Desa Tocina, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Jumat (1/12).

IMG-20171201-WA0200

Tiba di lokasi pesta rakyat, NH disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Dua Boccoe. Ia juga diajak menyusuri Sungai Walanae yang menjadi medan lomba balap katinting menggunakan perahu pincara.

Perahu pincara merupakan jenis perahu yang dirangkaikan dengan papan sebagai bahan utama pembuatan. Papan dari kuat dan tebal kemudian disusun seperti model lantai rumah panggung di atas tiga hingga lima perahu.

Bersama NH, sejumlah tokoh juga turut menyusuri Sungai Walanae menggunakan pincara. Di antaranya, Bupati Bone, A Fahsar M Padjalangi, Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, Ketua DPRD Bone, Andi Akbar Yahya, Camat Dua Boccoe, Andi Muslam, dan Kepala Desa Tocina, Ilham.

Sebelum membuka pesta rakyat, NH mengapresiasi lomba balap katinting yang diselenggarakan oleh aparat Desa Tocina. Menurutnya, kegiatan balap perahu yang biasanya diselenggarakan di daerah sisi sungai atau pesisir laut tersebut mesti dilestarikan.

“Ini sejalan dengan konsep Tri Karya Pembangunan NH-Aziz yang ketiga, yaitu pembangunan berbasis kearifan lokal. Ke depannya, kita harus terus memajukan kegiatan semacam ini sebagai hiburan rakyat,” jelasnya.

Senada, Bupati Bone, A. Fahsar M. Padjalangi juga turut mendukung pelaksanaan pesta rakyat balap katinting ini. Pasangan Ambo Dalle ini menilai kegiatan tersebut dapat turut memajukan perekonomian kerakyatan.

“Tentu kita berharap banyak orang ramai berdatangan ke sini menyaksikan lomba balap katinting. Di sisi lain ada juga peningkatan nilai ekonomis karena banyak yang membuka tenda jualan jajanan khas di sepanjang pinggir sungai,” tuturnya. (*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *