Rektor UNM Tegaskan Netralitas ASN di Pilkada

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBEW.COM, MAKASSAR – Rektor UNM, Prof Dr Husain Syam, M.TP. menegaskan tetap memegang teguh netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada. Hal ini sekaligus sebagai klarifikasi atas pemberitaan beberapa hari ini yang bergulir di mana dirinya disebutkan mendukung salah satu bakal calon Gubernur Sulsel dan Walikota Makassar pada Pilkada serentak 2018 nanti.

Husain Syam mengatakan tetap berkomitmen tidak melanggar Peraturan Pemerintah yang berkaitan langsung dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai ASN, melalui jalinan hubungan personal dan hubungan kelembagaan yang dapat membawa UNM dalam pergaulan nasional maupun internasional.

“Tidak mungkin UNM berpihak ke salah satu bakal calon kepala daerah, entah itu di tingkatan Pilgub Sulsel maupun Pilkada Makassar,” ungkap Prof Husain Syam di Ruangan Rapat, Gedung Phinisi UNM, Senin (01/1/2018).

“Kampus Universitas Negeri Makasaar bukan merupakan bagian dari politik Pilkada, apalagi berpihak ke salah satu bakal calon kepala daerah,” tegas Husain Syam.

Sementara itu, Kepala Humas UNM Burhanuddin kembali menyampaikan berkaitan dengan netralitas ASN dalam pelaksanaan PILKADA, Rektor UNM selalu memperingatkan kepada seluruh dosen dan pegawai yang berstatus ASN agar selalu memperhatikan peraturan pemerintah.

“Terutama PPRI Nomor 53 Tahun 2010, UU Nomor 10 Tahun 2016, dan UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN,” ujarnya.

Ia menambahkan jika pemberitaan beberapa hari ini bergulir perihal UNM di acara Dies Natalis Fakultas Ilmu Sosial UNM yang seolah-olah tak netral merupakan kesalahan persepsi.

“Rektor hanya mengingatkan bahwa Tahun 2018 adalah tahun politik, dimana akan dilaksanakan PILKADA serentak di seluruh Indonesia. Rektor selaku ASN membaca dan memahami secara baik dan benar tentang Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia,” tambahnya.(*)