Rencana Presiden Jokowi ke PLTB Sidrap, 2 menteri mendahului kunjungannya

HUTNasDem

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Dua menteri serta rombongan dari Jakarta akan mengunjungi PLTB Sidrap mulai pertengahan Januari 2018. Berturut turut, 14-15 Januari 2018, menteri BUMN Rini Soemarno bersama Dirut PLN Sofyan Basir dijadwalkan akan berkunjung ke PLTB Sidrap.

Selain Rini dan Sofyan, menteri ESDM Ignasius Jonan juga terjadwal berkunjung ke pembangkit listrik keterbarukan pertama di Indonesia ini, 21 Januari 2018 atau sepekan setelah Rini dan Sofyan berkunjung. Kunjungan kerja kedua menteri yang juga orang kepercayaan Presiden Jokowi ini sekaligus untuk memastikan keberadaan PLTB yang disebut sebagai pembangkit listrik tenaga angin pertama di Indonesia. Rencana Presiden Jokowi akan PLTB ini pada akhir Januari 2018. Mengenai kepastian Jokowi ini menurut Bupati Sidrap Rusdi Masse, masih tentative dan tergantung dari hasil kunjungan kerja Menteri Rini dan Menteri Ignasius.

Banner NH-AZIZ

Menyangkut rencana kedatangan para menteri dan Presiden Jokowi ke sentra pangan Indonesia Timur ini, Bupati Sidrap RMS mengaku telah siap dengan segala kebutuhan kedatangan tamu negara tersebut. Sejak dulu ketua DPW NasDem ini yakin jika progres PLTB akan rampung maka menteri bahkan presiden akan ke daerahnya. ” PLTB ini pertama di Indonesia. Saya yakin bapak presiden dan para menteri menaruh perhatian besar pada proyek dunia ini ” ujar RMS di kediaman nya Jalan Faisal, Jumat 12 Januari 2018.

Seperti diketahui, pembangkit listrik tenaga angin di Sidrap ini a menjadikan Indonesia sebagai satu dari sedikit negara di Asia yang mempunyai pembangkit bertenaga angin, seperti Jepang, China, dan Korea.

PLTB yang akan mendapat kunjungan petinggi Negara ini berada di perbukitan Pabbaresseng, Desa Mattirotasi dan Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap, Sulawesi Selatan. Jumlah turbin proyek PLTB Sidrap ini mencapai 30 masing-masing turbin berkapasitas 2,5 MW. Turbin tersebut memiliki ketinggian 80 meter, dan panjang baling-baling sekitar 57 – 60 meter yang dipasok dari perusahaan asal Spanyol, Gamesa.(*)