Belajar e-Government, Pemkab Bolaang Mongondow Study Banding Ke Pemkab Luwu Timur

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR -Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kedatangan tamu dari Propinsi Sulawesi Utara yakni Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, beberapa pejabat Pemkab Bolaang Mongondow yang tiba di Bumi Batara Guru bermaksud melakukan study banding implementasi Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (e-Government) pada Pemkab Luwu Timur, Minggu (12/01/2017)

Seperti diketahui bersama, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui beberapa SKPD teknis yakni Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta beberapa SKPD lainnya, sejak Tahun 2017 telah aktif mengembangkan dan mengimplementasikan penyelenggaraan pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (e-Government) di lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, hal ini dapat di lihat dengan terimplementasinya Sistem Perencanaan dan Penganggaran (e-planning dan e-budgeting) serta monitoring dan evaluasi (e-monev) secara on line.

PicsArt_01-14-06.45.58

Study Banding tersebut dilaksanakan di ruang rapat Kantor Kab. Luwu Timur, dibuka Oleh Staf ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, Drs. Budiman, M.Pd Dan Asisten Administrasi, Aini Endis Enrika, S.STP, sementara itu beberapa SKPD Teknis Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang hadir dan bertindak sebagai Narasumber adalah Bapelitbangda, Dinas Kominfo, BPKD, BKPSDM dan DPMPTSP. Sedangkan SKPD teknis Pemkab Bolaang Mongondow yang berkesempatan hadir pada kegiatan tersebut yakni Kepala Bapelitbangda dan pejabat teknis serta Dinas Kominfo dan jajaran pejabatnya.

Pada kegiatan tersebut Kasubid Litbang dan Kasubid Monev dan Pelaporan Bapelitbangda Kab. Luwu Timur yakni Ragusman S.Kom dan Mujahid Shaleh .ST, memaparkan bahwa saat ini pemerintah Kabupaten Luwu Timur telah berhasil mengimplementasikan Sistem Perencanaan dan Penganggaran (e-Planning dan e-Budgeting) berbasis elektronik (on line) dan kedua aplikasi tersebut telah terintegrasi satu dengan lainnya, selain itu kami juga telah menerapkan system monitoring dan evaluasi secara online terhadap kegiatan dan pembangunan daerah, capaian implementasi e-Government Pemkab. Luwu Timur tersebut, merupakan hasil kerjasama yang baik dari pihak BPKD, Bapelitbangda dan fasilitasi teknis yang dilakukan oleh Dinas Kominfo Kab. Luwu Timur, tutup Mujahid.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Luwu Timur, Amran Aminuddin, M. AsianGov menambahkan “untuk implementasi e-government yang optimal, terdapat beberapa hal penting yang wajib dilakukan seperti menyediakan infrastruktur teknologi dan pengintegrasian seluruh aplikasi dilingkup Pemkab. Luwu Timur” tambahnya, senada dengan hal tersebut Salman Akbar, MT, kasi.

Pengembangan Aplikasi dan Database Diskominfo Kab. Luwu Timur menjelaskan bahwa “aplikasi e-planning (Bapelitbangda) dan e-budgeting (BPKD) telah di analisa teknis oleh Dinas Kominfo dan kedua aplikasi tersebut dapat diintegrasikan dengan beberapa aplikasi lainnya, pengintegrasian kedua aplikasi tersebut juga telah di supervisi langsung dan mendapat respon yang baik oleh Divisi Pencegahan Korupsi – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pada tahun 2017 lalu,” jelasnya.

Diketahui bersama bahwa Pada Bulan Dember 2017 yang lalu KPK berkunjung ke Bumi Batara Guru dalam rangka pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan Pencegahan Korupsi Terintegrasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Di penghujung Kegiatan Tersebut Kepala Bapelitbangda Pemkab. Bolaang Mongondow beserta rombongan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, khususnya SKPD Teknis yang telah menerima dan menjadi narasumber pada kegiatan study banding tersebut.

Setelah pemaparan dan kordinasi teknis dilakukan, Pemkab. Bolaang Mongondow beserta rombongan juga menyempatkan untuk mengunjungi Infrastruktur Jaringan dan Data Center yang telah Dibangun oleh Dinas Kominfo Kab. Luwu Timur, sebelum bertolak kembali ke Propinsi Sulawesi Utara.(ikp/kominfo)