Peluang Ilham-Sahabuddin di Pilkada Bantaeng, Ini Kata Pengamat

SUARACELEBES.COM, BANTAENG – Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Sulsel akan digelar di 12 daerah kabupaten dan kota serta tingkat provinsi. Salah satu daerah yang menjadi perhatian dalam Pilkada Serentak ini adalah Kabupaten Bantaeng.

Pilkada Bantaeng hampir pasti diikuti 4 pasangan calon. Keempat paslon yang telah menyerahkan perbaikan berkas ke KPUD Bantaeng adalah pasangan Sugiarto Mangun Karim-Mappatoba diusung PKB dan PPP, Ilhamsyah Azikin-Sahabuddin diusung Gerindra, Golkar, Nasdem, PKS, Demokrat, PDIP dan PKPI. Adapun pasangan Baso Fahrir-Alam Syahruddin dan Muhammad Alwi-Nurdin Halim, menempuh jalur perseorangan.

Dari keempat pasangan itu, pasangan Ilhamsyah Azikin-Sahabuddin dianggap sebagai calon kuat memenangkan pilkada dibanding tiga pasangan lainnya.

Pengamat Politik asal UIN Alauddin, Firdaus Muhammad mengungkapkan, jika Ilham memiliki modal politik baik partai pengusung maupun faktor ketokohan Azikin Solthan, yang pernah menjabat bupati.

“Faktor bapaknya Azikin Solthan yang pernah menjadi Bupati Bantaeng jadi daya tarik pemilih,” ujar Firdaus, Senin (22/1/2018).

Selain itu massifnya gerakan Ilham selama ini, dikatakan Firdaus, dapat menjadi faktor penguat dan penentu kemenangan pasangan dengan akronim Beriman ini. (*)