banner dprd mkassar

Tak Berizin, Liburan ke Jepang Anggota DPRD Bulukumba Ini Disorot

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, BULUKUMBA – Salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba, Sulawesi selatan, Hilmiaty Asip menjadi topik perbincangan warga. Pasalnya, legislator perempuan itu kedapatan sedang berlibur ke negeri sakura, Jepang.

Hal itu terungkap lewat postingannya di beberapa akun media sosial miliknya, seperti Facebook dan Instagram. Dari pantauan legislator Hanura itu sudah berada di Jepang sejak Jumat (19/01/2017) kemarin. Hingga Selasa (23/01/2017) dirinya masih berada negara beribukota Tokyo itu.

Hal tersebut mendapat sorotan dari Komite Pemantau Legislatif (Kopel) menyangkan prilaku wakil rakyat di komisi A DPRD Bulukumba itu. Menurutnya apa yang ditunjukan legislator tersebut tidak etis dengan meninggalkan tugasnya sebagai anggota dewan. Apalagi bukan hari libur. Pihak kopel mendapat informasi bahwa perjalanan tersebut tak berizin.

“Yang yang hurus dipastikan adalah tidak meninggalkan tugas dibenabkam kepadanya, misalnya pansus yang mengharuskan dia ada di Bulukumba. Meninggalkan Bulukumba tanpa izin saya kira ini pelanggaran, dan badan kehormatan harus bertindak,” tegas Muh Jaffar, direktur kopel Bulukumba. Selasa (23/01/2017).

Selain itu, ia juga mengatakan seorang anggota DPRD itu tak lepas dari tanggung jawab besar dalam mengemban amanah rakyat, harus menaati rambu-rambu disetiap gerak dan tindakannya.

“Seorang anggota DPRD itu melekat dalam dirinya tugas dan tanggung jawab yang besar yang memiliki rambu-rambu untuk setiap gerak dan tindakannya,” tambah Jaffar.

“Kalo tidak minta ijin itu masalah karena pasti ada beberpa rapat tidak diikuti.. BK (Badan Kehormatan) bisa mengambil tindakan!,” tukas Jaffar.

Terpisah, Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Bulukumba, Daud kahal membenarkan tidak ada anggota DPRD yang meminta ijin untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Selain tidak diperbolehkan, menurut Daud hal tersebut tidak ada dalam aturan APBD.

“Tidak ada dalam APBD, kecuali untuk ketua dipersiapkan kalauada undangan seperti sebelumnya. Tahun lalu pak ketua ke Jepang tapi itu undangan langsung pemerintah Jepang difasilitasi Apkasi,” tandas Daud Kahal.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *