Wabup Irwan Ajak Pengurus KPRI Sejahtera Tiru Konsep Koperasi Syariah

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBES.COM, LUTIM – Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) XXVIII Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Sejahtera Wotu-Burau. Pelaksanaan RAT ini diikuti ratusan anggota koperasi Sejahtera yang berlangsung di Aula Hotel Sikumbang Kecamatan Tomoni, Kamis (08/03/2018).

Ketua KPRI Sejahtera Wotu-Burau Supriadi, S.Pd. mengatakan, RAT ini merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk membahas dan mengesahkan laporan pertanggung jawaban pengurus kepada anggota koperasi tentang hasil pelaksanaan kerja tahun sebelumnya, termasuk pula membahas sejumlah agenda usaha koperasi untuk tahun 2018.

Ia juga menyampaikan bahwa hingga tahun 2017, jumlah anggota koperasi sudah berkembang mencapai 328 anggota dengan perolehan sisa hasil usaha mencapai Rp. 1.127.909.000 dan volume usaha mencapai Rp. 6.097.519.000.

“Perkembangan volume usaha koperasi selama 7 tahun dari 2011 hingga 2017, terdapat selisih volume usaha mencapai Rp. 2.482.557.000,” katanya.

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengatakan, KPRI Sejahtera ini masuk kategori koperasi sehat. Pasalnya, selama beroperasi, Koperasi ini terus mengalami perkembangan yang cukup baik.

Ia juga mengajak agar melalui RAT ini, pengurus terus mengembangkan usaha sehingga tidak fokus pada usaha simpan pinjam semata. Menurut Irwan, salah satu hal yang bisa dilakukan dengan meniru model koperasi syariah.

“Saran saya, koperasi sebaiknya memiliki usaha lain sehingga dapat memberi masukan bagi koperasi agar tidak hanya berharap pada bunga tabungan,” kata Irwan.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Timur Dra. Labesse, Sekertaris Disdagkop UKM Dra. Rosdiati M. Said dan semua anggota KPRI Sejahtera Wotu-Burau. (hms/ikp/kominfo)