Resmikan Dua Pasar di Gowa , Ini Kata Adnan Purichta

SUARACELEBES.COM, SUNGGUMINASA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL meresmikan dua Pasar Rakyat hasil revitalisasi Pemerintah Kabupaten Gowa, dirangkaikan dengan Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah di pusatkan di Pelataran Parkir Pasar Sentral Sungguminasa, Jum’at (9/3).

Kedua pasar tersebut yakni Pasar Sentral Sungguminasa yang berada di Jl.KH Wahid Hasyim Kecamatan Somba Opu dan Pasar Rakyat Tarowatang yang berada di Kecamatan Biringbulu.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Para Pimpinan Muspida Kab Gowa, dan Para Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Adnan IYL dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan Pasar Sentral Sungguminasa ini adalah salah satu upaya untuk mendekatkan hasil produksi masyarakat dengan akses pemasaran.

“Kita ingin keberadaan pasar ini mampu menjadi tongkat perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Gowa, selain itu pasar sentral ini di harapkan menjadi pasar yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan rumah tangga seluruh masyarakat yang ada di Gowa khususnya di Kecamatan Somba Opu,” ujarnya.

Dikatakannya para pedagang yang sudah bersabar selama tiga tahun dengan proses pembangunan ini selamat bergabung kembali, tetapi jaga pasar ini supaya tetap baik dan tertata, kondisinya juga baik, dan jangan lupa jaga kebersihannya.

Terkait kerusakan jalan yang dikeluhkan selama ini, orang nomor satu di Gowa berjaji akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi segera mungkin.

“Insyaallah saya akan koordinasikan secepatnya dengan pihak terkait, karena Jalanan yang berada di depan pasar ini bukan kewenangan pemkab Gowa, melainkan kewenangan Pemprov Sulsel,” tuturnya.

Tidak Hanya itu saja, Di juga mengatakan akan membuat rekayasa jalur kendaraan. Jalan Mallombassang rencananya akan dijadikan satu arah, kemudian Jalan Wahid Hasyim ini juga kita jadikan satu arah dan pebatas jalan yang berada di tengah akan dihilangkan, agar nampak jln tersebut makin luas.

“Ini bertujuan agar semua warga yang akan menuju ke Makassar melewati jalur ini, sehingga apapun yang menjadi kebutuhan masyarakat baik dari Gowa maupun dari luar Kab Gowa bisa datang kepasar ini dan berbelanja, makanya, saya meminta agar kadis perindag menertibkan pedagang kaki lima yang berada di luar dimasukkan kedalam pasar supaya dalam membuat rekayasa jalan tidak tidak sulit,” kata Bupati termuda di KTI ini

Diwaktu yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Andi Sura Suaib menjelaskan bahwa kedua pasar rakyat yang telah direvitalisasi ini merupakan salah satu perwujudan dari program Pemkab Gowa dalam upaya mewujudkan pasar yang semi modern.

“Untuk anggaran dua pasar ini menelan Rp 14 miliar dengan rincian Pasar Rakyat Sentral Sungguminasa senilai Rp 9 miliar (dengan fasilitas 843 lods) dan Pasar Rakyat Tarowattang senilai Rp 5 miliar,” jelas Andi Sura.

Selain itu, Kadis Perdastri ini mengatakan masih ada empat pasar rakyat lagi yang akan dibangun yakni Pasar Rakyat Talatala’ dengan anggaran Rp 1,2 miliar, Pasar Rakyat Parangloe Rp 1 miliar dan Pasar Rakyat Bontoramba senilai Rp 1,2 miliar serta Pasar Rakyat Limbung senilai Rp 5,6 miliar. (VV)