Warga Kepulauan : Maumi Lagi Pilwalkot, Janji Danny Tak Kunjung Terealisasi

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dermaga sebagai fasilitas penting untuk warga pulau, sejatinya menjadi perhatian utama pemerintah. Namun, menurut warga Pulau Kodingareng, janji untuk merenovasi dermaga hanya sekadar janji. Sementara kondisi dermaga semakin memprihatinkan.

“Dulu ada calon walikota yang datang kemari Pak, dia berjanji akan merenovasi dermaga kalau terpilih. Sekarang sudah mau lagi pemilihan walikota, janjinya untuk merenovasi dermaga tak kunjung terealisasi,” keluh Sitti, warga Pulau Kodingareng kepada Appi, Rabu (14/3/2018).

Keluhan terkait dermaga tersebut, menambah daftar persoalan mendasar warga Kota Makassar yang belum terselesaikan hingga saat ini. Hal ini menimbulkan antipati warga terhadap warga Kota Makassar.

“Pak tolong kasian, itu dermaga sudah rusak sekalimi, sudah banyak korban di sana. Padahal kita sudah dijanji pak walikota lalu, tapi hingga saat ini belum diperbaiki,” tambah Sitti.

Selain persoalan dermaga, warga Pulau Kodingareng juga mengeluhkan beberapa persoalan lainnya. Seperti, persoalan jaringan telekomunikasi, dan susahnya membuat KTP.

“Warga pulau juga bagian dari warga Kota Makassar Pak. Tapi kami merasa tidak diperhatikan oleh pemerintah. Kota dunia tapi jaringan untuk menelepon saja susah. Belum lagi, kalau mau urus KTP harus ke kota, yang belum tentu bisa selesai dalam waktu satu minggu,” keluh Syiah, warga Pulau Kodingareng.

IMG-20180314-WA0070-640x427

Sementara Calon Walikota Makassar, Munafri ‘Appi’ Arifuddin, mengaku sangat senang bisa bertatap muka sekaligus menyerap aspirasi warga Pulau Kodingareng. Menurutnya, warga pulau sejatinya mendapat perhatian lebih dari pemerintah Kota Makassar. Karena, warga yang tinggal di pulau tidak memiliki sarana dan prasarana seperti yang dibangun pemerintah di tengah kota.

“Warga yang tinggal di pulau merupakan bagian penting dari pemerintah kota. Mereka menjaga pulau-pulau kita, jadi sejatinya mendapat perhatian lebih. Dermaga sebagai akses utama ekonomi warga harus layak digunakan. Jika kondisinya rusak parah seperti saat ini, bisa membayakan keselamatan warga,” ungkap calon walikota nomor urut satu itu, disambut teriakan warga ‘inimi walikotaku’.

Selain berjanji untuk memperbaiki dermaga, pasangan Andi Rachmatika Dewi di Pilwalkot Makassar ini, juga berjanji akan membangun depo stok bahan makanan di pulau-pulau jika terpilih tanggal 27 Juni mendatang.

“Kami ingin bangun depo stok bahan makanan, sehingga warga pulau tak resah lagi kekurangan kebutuhan dasar saat cuaca ekstrem,” tandas Appi, yang disambut aplaus warga.

Selama bersosialisasi sebagai calon walikota, Appi banyak menyerap keluhan sekaligus aspirasi warga. Seperti, persoalan banjir, macet, retribusi sampah, kesulitan air bersih, anak putus sekolah, warga tidak mampu berobat kerumah sakit, dan sejumlah persoalan lainnya. (*)