Data BPS Bumi Lamaddukelleng Penghasil Beras Terbesar di Sulsel

SUARACELEBES.COM, WAJO – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wajo Syahrir Wahab menegaskan kalau Bumi Lamaddukelleng julukan Kabupaten Wajo merupakan penghasil beras terbesar di Sulsel.

“Itu saya katakan karena berdasarkan data yang ada, Wajo merupakan daerah beras di Sulsel, dibandingkan Sidrap,” tegasnya pada sosialisasi penyusunan disagregasi PMTB tahun 2018 di Hotel Sermani Sengkang Rabu, 28 Maret 2018.

Menurutnya, Hal itu tidak lepas karena Wajo merupakan urutan kedua setelah Bone terkait luas lahan persawahan, namun Wajo diuntungkan dengan potensi ketersediaan air.

“Luas lahan persawahan Bone memang luas tetapi kebanyakan merupakan tadah hujan sehingga hanya panen satu kali dalam setahun. Sementara Wajo diuntungkan dengan potensi air sehingga bisa panen dua kali dalam setahun,” jelasnya.

Sedangkan untuk Sidrap, kata dia, luas lahan persawahannya lebih kecil dari Wajo, sementara pontensi airnya sama. “Yang jelasnya bersarkan data, Wajo penghasil beras terbesar di Sulsel,” ungkapnya. (*)