Puluhan Pegawai Dinkes Sinjai Ikuti Sosialisasi TP4D

SUARACELEBES.COM, SINJAI – Pegawai lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai mengikuti Sosialisasi Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), di aula Kantor Dinkes Sinjai, Kamis 12 April 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai Andi Suryanto Asapa mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan tindaklanjut dari MOU pihak Pemerintah Daerah dengan Kejaksaan Negeri Sinjai.

“Sosialisasi ini juga merupakan realisasi perintah dari Pelaksana Tugas Bupati Sinjai untuk segera dilaksanakn di tingkat OPD yang diharapkan dapat mewujudkan pelaksanaan pemerintahan yang baik dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Governant dan Clean Government, serta bisa mengoptimalkan penyerapan anggaran di dinas kesehatan,” ujarnya.

Andi Suryanto menambahkan, bahwa pihaknya merupakan pelayan masyarakat dan segala sesuatunya menggunakan uang rakyat. “Jadi dengan adanya TP4D ini segala yang kita lakukan diharapkan tepat sasaran demi meningkatkan pelayanan untuk masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai Noer Adi mengapresiasi Dinas Kesehatan Sinjai sebagai dinas pertama yang melakukan konsultasi, koordinasi dan sosialisasi TP4D.

“Terbentuknya TP4D ini untuk mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan atau preventif dan persuasif,” katanya.

Menurut Noer Adj, serapan anggaran akan rendah bila banyak pejabat mengalami kekwatiran dan ketakutan karena diberi kepercayaan dan amanah tapi mereka takut berproses hukum sehingga kegiatan tidak dilaksanakan.

Karena itu, tambah Noer Adi, sosialisasi ini diharapkan menjadi wadah koordinasi dan pengetahuan untuk meminimalisir kebocoran keuangan dan penyelewengan keuangan daerah oleh OPD. “Jadi TP4D ini kita lebih fokus kepada pencegahan dini”, kunci Noer Adi.

Sosialisasi ini berlangsung hingga sore hari, yang diikuti jajaran pejabat Dinkes Sinjai mulai kepala dinas, sekretaris, kepala bidang, kepala seksi, Kasubag, para kepala Puskesmas, bendahara DAK, bendahara BOK, dan bendahara JKN Puskesmas.(*)