Di Soppeng, Ichsan Yasin Limpo Berbagi Kiat Sukses Bertani

SUARACELEBES. COM, SOPPENG – Kehadiran Ichsan Yasin Limpo di Kabupaten Soppeng ternyata telah lama dinanti-nantikan oleh masyarakat. Itu sebabnya di semua titik kunjungan pasangan Andi Mudzakkar ini selalu dipadati warga.

Seperti saat bersilahturahmi dengan masyarakat Kelurahan Cabenge, Kecamatan Lilirilau, Minggu (29/4/2018). Mayoritas masyarakat yang bekerja sebagai petani sangat antusias mendengarkan pemaparan IYL.

Meskipun bergelar pakar hukum pendidikan Unhas, namun masyarakat menyebut pelopor perda pendidikan gratis di Indonesia ini juga sangat paham pertanian.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat bertemu dengan Pak Ichsan. Tabe pak, yang hadir hari disini adalah mayoritas petani. Saudara-saudara ku disini mengharapkan penjelasan dari orang yang sangat paham dengan pertanian seperti bapak,” kata Ketua Perindo Soppeng, Andi Ardi Suhan

Menjawab hal itu, IYL berbagi pengalaman mengenai keberhasilan Kabupaten Gowa dalam bidang pertanian. Seperti teknik penanaman dan perawatan tanamana padi, sehingga dihasilkan produktifitas yang unggul dengan menekan biaya penanaman dan perawatannya.

“Saya yakin disini masih memakai sistem pertanian berimbang, yakni 25 kilogram pupuk perhektar. Coba kita hitung anakan dengan sistem itu, berapa anakan butirnya dalam satu tangkai. Tapi saya punya saran. Coba maki dulu sedikit saja. Tanam ki dengan membagi dua pupuknya dari yang biasa kita pakai, usahakan becek jangan banjir,” kata Ichsan YL.

Selain dari segi penanaman, teknik perawatan pun harus dilakukan secara khusus. Ichsan YL menjelaskan ada waktu-waktu khusus yang wajib dilakukan petani saat akan melakukan penyiraman dan pupuk.

“Syaratnya sistem ini, pada saat peyiraman harus jam setengah 8 sampai jam 8. Karena kalau lewat jam 8 pori-porinya akan terbuka. Coba kita lihat nanti kalau tumbuh pasti akan berbedah jauh dengan yang sebelumnya, akan lebih banyak hasilnya dan semakin sedikit biayanya,” papar Ichsan YL.

Bukan hanya itu, Ichsan YL yang memiliki belasan program ini akan membantu petani. Hal itu melalui pengembangan infrastruktur pertanian dan pemberian bibit unggul.

Hal itu dapat diterima oleh para petani dengan Kartu Rakyat Sejahtera (KRS) yang akan dibagikan apabila Ichsan YL bersama pasangannya Andi Mudzakkar terpilih di Pilgub mendatang. (*)