Dewas Minta Pemkab Soppeng Tingkatkan Kemampuan Puskemas

SUARACELEBES.COM, SOPPENG – Dewan Pengawas Rumah Sakit Umum Daerah Latemmamala meminta kepada Pemkab Soppeng khususnya Dinas Kesehatan untuk meningkatkan kemampuan Puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Hal ini terkait dengan semakin membludaknya pasien di poliklinik rumah sakit Latemmamala khususnya di poli jantung dan interna.

“Rumah sakit mulai kewalahan dengan serbuan pasien terutama di jantung, interna dan jiwa. Kami meminta Dinas Kesehatan Soppeng melakukan pembenahan menyeluruh baik sarana maupun pra sarana agar lebih banyak penyakit yang bisa diselesaikan di tingkat Puskesmas dan tak selalu merujuk ke rumah sakit,” kata Ketua Dewas RSU La Temmamala, Nurmal Idrus, Rabu, 25 April.

Saat ini menurut Nurmal, setiap hari tak kurang dari 70 pasien ditangani poli jantung dan 200 pasien di poli interna. “Padahal, spesialis jantung kita hanya 1 orang dan interna hanya 3 orang. Belum lagi mereka tiap hari harus melakukan visite pada pasien rawat inap. Kita sangat kewalahan,” katanya.

Dewas juga telah menyampaikan solusi berupa penambahan dokter spesialis jantung dan interna. “Rumah sakit sangat memerlukan penambahan dokter spesialis jantung, interna dan jiwa,” katanya.

*Dewas Juga Meminta Kabupaten Lain Meningkatkan Sarananya

Nurmal juga mendesak rumah sakit – rumah sakit sekitar Soppeng seperti Wajo, Sidrap, Barru dan Bone untuk meningkatkan kemampuan layanannya terutama untuk penanganan jantung dan jiwa.

“Kami menemukan banyak sekali pasien RSU La Temamala yang berasal dari kabupaten sekitar. Fasilitas jantung dan jiwa di Soppeng memang paling lengkap di wilayah Bosowa. Tentu akan lebih baik jika kabupaten-kabupaten sekitar bisa meningkatkan fasilitas layanannya agar tak membanjir ke Soppeng,”tutupnya.(*)