Beri Contoh yang Baik, Cakka Pantang Celah Program Rival

SUARACELEBES. COM, BARRU – Contoh demokrasi yang baik kembali ditunjukkan Cawagub Andi Mudzakkar (Cakka). Suami Tenri Karta Mudzakkar ini, memuji semua program andalan rivalnya di Pilgub Sulsel.

Cakka mengatakan, semua program yang dimiliki calon gubernur, tak ada satu pun yang jelek. “Semua baik. Tidak ada program yang disodorkan kepada masyarakat itu adalah program jelek. Semua bagus,” tegas Cakka.

Hal itu diungkapkan Cakka saat bertatap muka dengan masyarakat Desa Madello, Barru, Rabu (2/5). Menurut Cakka, program yang dibawa setiap calon gubernur, merupakan program yang telah disusun sedemikian rupa dengan melihat kebutuhan, potensi daerah dan lain-lain.

Hanya saja, meskipun program bagus, tapi dijalankan pemimpin yang tidak pro pada rakyat, pemimpin dengan latar belakang buruk, program itu hanya akan menjadi catatan panjang tanpa aplikasi di lapangan.

“Ini bukan sekadar memilih program. Tapi ini soal memilih pemimpin. Biar bagus programnya, tapi pemimpinnya bermasalah, yakinlah semua program itu, tidak akan bisa terlaksana dengan baik,” tegas Cakka.

Bagi Cakka, pemimpin memiliki keterkaitan erat dengan apa yang dipimpinnya, termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan.

“Pemimpin itu terkait erat dengan apa yang dipimpin. Saya kasih contoh kecil, bagaimana hubungan pemimpin dengan tumbuh-tumbuhan,” urainya.

“Kalau kita petani sawah, padi kita diserang tikus, kalau tikusnya makan di tengah sawah, berarti ada masalah dengan pemimpin di desa. Kalau padi rusak di pinggir, maka letak masalahnya ada pada masyarakat,” tambah dia.

Menurutnya ini ajaran orangtua kita dulu, yang mengandung kebenaran di dalamnya. Sekaligus contoh kecil bagaimana hubungan pemimpin dengan yang dipimpinnya.

Olehnya itu, Cakka berpesan, memilih pemimpin tidaklah hanya melihat bagaimana programnya, tapi yang paling penting adalah melihat latar belakang pemimpin yang akan dipilih.

Di Madello, Cakka bertatap muka dengan masyarakat Madello yang didominasi kaum perempuan. Cakka di dampingi Tokoh Masyarakat Madello, Abdul Azis Daeng Naba. (*)