Di Wajo, Sumarsono Dianugerahi Gelar Kehormatan La Paturusi Daeng Manrapi

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBES.COM, WAJO – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono dianugerahi gelar kehormatan La Paturusi Daeng Manrapi di sela acara Mattompang Arajang yang digelar di Kawasan Wisata Rumah Adat Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Rabu (9/5/2018).

Sebagai simbol penganugerahan gelar, Soni Sumarsono diberikan benda pusaka keris oleh Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru.

Budayawan Kabupaten Wajo, Sudirman Sabang mengatakan La Paturusi Daeng Manrapi merupakan sosok penasehat kerjaan Wajo yang cerdas, pintar, dan bijak.

Dikatakan, Lapaturusi Daeng Manrapi juga merancang perjanian Tellung Poccoe yaitu perjanjian kerajaan Bone, Wajo, dan Soppeng.

La Paturusi Daeng Manrapi adalah salah satu sosok yang mempersatukan Sulsel. “Karena itu, dipilih gelar tersebut untuk pak gubernur sebagai pemimpin Sulsel yang senantiasa menjadi pemersatu daerah-daerah di Sulsel,” tuturnya.

Sebelumnya saat tiba di lokasi acara, Sumarsono disambut Tari Padduppa dan Angngaru’ atau upacara penyambutan pemimpin di tanah Bugis Makassar.(*)