Selama Periode Burhanuddin Unru, Wajo Raih 4 Kali WTP

SUARACELEBES.COM, WAJO – Pemerintah Kabupaten Wajo sendiri menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk keempat kalinya sejak periode Andi Burhanuddin Unru. Sebelumnya, predikat WTP yang sama diraih Kabupaten Wajo tahun 2013, 2015, 2017 dan 2018.

Atas pencapaian tersebut, Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru mengapresiasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Menurutnya, keberhasilan Pemkab meraih WTP berkat kerja keras seluruh OPD dalam upaya memperbaiki sistem pengelolaan keuangan daerah di unit kerja masing-masing.

“Kami tentu bersyukur atas apresiasi BPK. Ini adalah hasil kinerja dan salah satu keberhasilan pemerintah daerah bersama DPRD dalam memberikan pertanggungjawaban yang akuntable dan transparan terkait pengelolaan keuangan daerah kepada masyarakat, ” ucap Bupati dua periode tersebut.

Sementara itu , Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan, Widiyatmantoro pun mengapresiasi pretasi tersebut. Dia mengatakan tidak semua daerah mampu menunjukkan tata kelola keuangan dengan baik. “Kami apresiasi, tidak semua daerah mampu dengan mudah meraih predikat seperti ini, hanya mereka yang punya komitmen kuat menciptakan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel,” papar Widiyatmantoro.

Predikat opini WTP dari BPK RI merupakan supremasi tertinggi yang diserahkan kepada daerah yang berhasil memenuhi standar akuntansi keuangan pemerintah, efektifitas pengawasan internal, serta kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan. Turut hadir mendampingi Bupati adalah Ketua DPRD Wajo Yunus Panaungi , Sekda Wajo Andi Tneriliweng dan beberapa pimpinan SKPD Kabupaten Wajo.(*)