Cegah Campak, Dinas Kesehatan Gelar Advokasi dan Sosialisasi Kampanye MR di Sidrap

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBES.COM, SIDRAP — Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap menggelar acara advokasi dan sosialisasi kampanye measles rubella (MR) di Hotel Grand Sidny, Pangkajene Sidrap, Selasa (5/6/2018).

MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Program ini bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella.

“Meski kami lihat data, Sidrap itu tidak ada laporan KLB (kejadian luar biasa) campak rubella, namun kita tetap melakukan sosialisasi, semoga tidak ada di Sidrap KLB campak,” ujar pemateri dalam kampanye MR tersebut, Debsy V Pattilima, SKM, MPH dari seksi suveila s dan imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Hadir Kepala Dinas Kesehatan Sidrap dr Irwansyah menyampaikan bahwa campak memang harus menjadi perhatian serius seluruh lapisan masyarakat.

Program imunisasi merupakan salah satu program yang masuk dalam proyek prioritas nasional kesehatan.

Tujuan imunisasi adalah menurunkan angka kesakitan, kematian, serta kecacatan akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

“Yang bahaya adalah jika ibu hamil terserang campak rubella, maka itu sangat berbahaya bagi kesehatan bayi jika lahir,” ujar Irwansyah.(*)