Forsosmas Sesalkan Larangan Takbir Keliling oleh Pejabat Gubernur Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR- Edaran dan himbauan pelarangan kepada bupati/ walikota untuk tidak melaksanakan takbir keliling dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, diwilayahnya masing masing dari Gubernur Sulsel sangat disesalkan berbagai kalangan baik ormas Islam maupun dari ormas lainnya.

Ketua Umum Forum Pemerhati Masalah Sosial Kemasyarakatan, MS Baso DN, menegaskan, apa yang dilakukan Oleh Pejabat Gubernur Sulsel, Sony Sumarsono, adalah sebuah kebijakan dan himbauan yang tidak populis dan tidak beralasan. “Masa acara acara keagamaan, khususnya tradisi umat Islam seperti takbir keliling, tiba tiba dilarang oleh Pemprov Sulsel yang selama berpuluh puluh tahun dilaksanakan, toh tidak pernah ada masalah, bahkan masyarakat ikut bersuka cita, “tegas Baso

Selama ini, Gubernur Sulsel dipimpin oleh beberapa tokoh dan pejabat yang ada di Sulsel, baru Kali ini ada pjs Gubernur melarang Walikota Dan bupati untuk melaksanakan takbir keliling yang sudah turun temurun dilaksanakan didaerah dan kota. Sekprov dan Kesbang mestinya memberikan saran dan masukan kepada Gubernur, Sulsel aman dan damai dalam melaksanakan takbir keliling disemua daerah dan kota,bukan hanya ikut saja apa kata Gubernur. “Gubernur dan pejabatnya sama saja, asal bapak senang saja, ” tegas Baso.

Forsosmas minta agar himbauan dan larangan melaksanakan takbir keliling yang dikeluarkan Gubernur Sulsel, agar ditarik kembali, Karena hal ini menghilangkan tradisi umat Islam yang senantiasa melaksanakan takbir keliling dimalam lebaran Idul Fitri.

“Selama ini semua pelaksanaan takbir keliling di kabupaten kota aman dan terkendali. Lagian kan ada aparat kepolisian dibantu TNI yang menjaga keamanan disuatu daerah. Jadi terlalu berlebihan pelarangan ini,” Tegas Baso.(*)