Hanya NH-Aziz Representasi Toraja pada Pilgub Sulsel

SUARACELEBES.COM, TORAJA — Ketua DPD Partai Golkar Toraja Utara, Dedy Palimbong, mengajak seluruh masyarakat Toraja untuk bersatu mendukung dan memenangkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz). Toh, hanya NH-Aziz yang merupakan satu-satunya perwakilan sekaligus representasi Toraja pada Pilgub Sulsel 2018.

NH diketahui memiliki hubungan kekerabatan dengan masyarakat Toraja. Hubungan tersebut dipererat saat putrinya, Andi Nurhilda Daramata Asiah Indasari menikah dengan Seto Asapa yang memiliki garis keturunan Toraja dari ibunya yakni Felicitas Tallu Lembang. Sedangkan ibu kandung Aziz Qahhar juga diketahui berasal dari Rantebua, Kabupaten Toraja Utara.

“Kalau mau mencari tahu mana pasangan calon dari Toraja ya NH-Aziz. Pak NH adalah perwakilan kita, punya ikatan kuat apalagi punya cucu berdarah Toraja dan Pak Aziz juga orang Toraja. Pasangan ini satu-satunya yang memiliki hubungan kekerabatan dengan Toraja. Jadi, tak ada alasan tidak mendukung pasangan NH-Aziz sebagai perwakilan orang Toraja,” ucap Dedy.

Menurut dia, ikatan kuat antara NH-Aziz dengan Toraja memberikan garansi bahwa pasangan nasionalis-religius kelak akan memperhatikan Tana Toraja maupun Toraja Utara. Tidak mungkin NH-Aziz melupakan Toraja. Terlebih, sudah banyak karya kedua tokoh tersebut di Toraja yang sebenarnya banyak tidak diketahui oleh publik.

NH sudah membantu orang banyak di Toraja sejak 25 tahun lalu. Jika menoleh ke belakang 25 tahun lalu, kata Dedy, mungkin saja yang kandidat lain masih berkarir. “Saat itu, Pak NH sudah membantu koperasi unit desa di Toraja. Dan saat ini sudah melakukan eksportir kopi Toraja dalam jumlah yang besar,” ujarnya.

Adapun Aziz selama menjabat sebagai anggota DPD RI tiga periode telah berjasa dalam pemekaran Toraja Utara. Sosok religius yang kerap diserang kampanye hitam di Toraja ini merupakan salah satu tokoh yang gigih memperjuangkan pemekaran Toraja Utara.

Sementara itu, NH menyampaikan sejauh ini belum satu pun figur Toraja yang menduduki jabatan tertinggi di Sulsel. Karena itu, jika warga Toraja memilih NH-Aziz hingga menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, maka Toraja menempatkan orang Toraja memimpin Sulsel.

“Jika masih memilih yang lain, berarti saudaraku semua tidak ingin sekampung Anda menjadi Gubernur. Karena itu, jangan salah pilih. Saya bertekad membantu Toraja ini menjadi lebih baik lagi,” tutup dia. (*)