5 Lembaga Survei Unggulkan Prof Andalan, NH-Azis dan IYL – Cakka Tertinggal

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Menjelang empat hari pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Beberapa lembaga survei pun baik lokal maupun nasional sudah merilis hasil temuannya di lapangan.

Hasilnya, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) unggul dari ketiga rivalnya.

Tak hanya satu atau dua survei, pasangan dengan tagline Kerja Nyata unggul di lima lembaga survei. Diantaranya, Celebes Researc Centre (CRC) dengan angka 34,6% Script Survei Indonesia (SSI) dengan angka 37,07%, PT Index Politica Indonesia (IPI) dengan angka 32,9%, Parameter Strategi Indonesia (PSI) dengan angka 29,8%dan terkahir yaitu Indo Barometer (IB) dengan angka 31,8%.

Dari hasil lembaga survei tersebut, Prof Andalan selalu unggul jauh meninggalkan rivalnya.

Sementara untuk rivalnya sendiri Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) hanya unggul dua lembaga survei dan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) hanya satu saja.

Diketahui, selama lembaga survei memaparkan hasil risetnya untuk empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, pasangan Agus-TBL selalu ditempatkan di posisi buncit, dari tiga pasangan calon lain.

Sementara, pasangan NH-Aziz, dan IYL-Cakka selalu bersaing ketat dari setiap hasil rilis survei dari 8 lembaga riset tersebut. Bahkan dari empat pasangan di Pilgub Sulsel, selalu disebut-sebut Bahwa ketiga rival Prof Andalan akan Sulit bersaing hingga pemilihan yang hanya sisa menghitung hari lagi.

“Jadi hasil survei ini dengan tingkat elektabilitas tertinggi ada pada Prof Andalan, dengan wawancara ke responden secara tertutup,” kata Suwadi selaku Direktur IPI beberapa waktu lalu.

Berikut Lembaga survei yang mengunggulkan Prof Andalan:

1. Celebes Researc Centre (CRC)

Pasangan NH-Aziz di posisi 26,3%, Agus-TBL dengan perolehan 6,3%, disusul Prof-Andalan dengan raihan 34,6%, sementara pasangan IYL-Cakka di posisi 21,4%.

2. Script Survei Indonesia (SSI)

Pasangan NH-Aziz di posisi 25,49 persen, Agus-TBL dengan perolehan 4,76%, disusul Prof-Andalan dengan raihan 37,07%, sementara pasangan IYL-Cakka di posisi 25,49%.

3. PT Indeks Politica Indonesia (IPI)

Pasangan NH-Aziz di posisi 25,5%, Agus-TBL dengan perolehan 8,1 persen, disusul Prof-Andalan dengan raihan 32,9%, sementara pasangan IYL-Cakka di posisi 21,6%.

4. Parameter Strategi Indonesia (PSI)

Pasangan NH-Aziz di posisi 23,5%, Agus-TBL dengan perolehan 11,1%, disusul Prof-Andalan dengan raihan 29,8%, sementara pasangan IYL-Cakka di posisi 28,1 persen.

5. Indo Barometer (IB)

Pasangan NH-Aziz di posisi 18,0%, Agus-TBL dengan perolehan 7,1 persen, disusul Prof-Andalan dengan raihan 31,8%, sementara pasangan IYL-Cakka di posisi 20,4%.

Lembaga survei untuk pasangan NH-Aziz:

1. Indo Riset Konsultan

Pasangan NH-Aziz di posisi 32,3%, Agus-TBL dengan perolehan 9,9%, disusul Prof-Andalan dengan raihan 27,4%, sementara pasangan IYL-Cakka di posisi 18,8%. Sedangkan yang belum menentukan pilihan masih tersisa 12,4%.

2. Index Indonesia

Pasangan NH-Aziz di posisi 32,1%, Agus-TBL dengan perolehan 5,9%, disusul Prof-Andalan dengan raihan 26,5%, sementara pasangan IYL-Cakka di posisi 23,1%. Sedangkan yang belum menentukan pilihan masih tersisa 12,4%.Lima lembaga survei yang unggulkan Prof-Andalan:

Lembaga survei yang unggulkan pasangan IYL-Cakka:

1. Jaringan Suara Indonesia (JSI)

Pasangan NH-Aziz di posisi 20,6 persen, Agus-TBL dengan perolehan 7,5%, disusul Prof-Andalan dengan raihan 24,8%, sementara pasangan IYL-Cakka di posisi 26,3%. Sedangkan yang belum menentukan pilihan masih tersisa 19,0%.(*)