Sistem IT PPDB Diserang Hacker, Panitia Tunda Pengumuman

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR, — Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel telah mengatur ulang jadwal pengumuman PPDB. Rencananya digelar 4 Juli mendatang.

Kepala Disdik Sulsel, Irman Yasin Limpo, mengakui, jika situs epanrita memang telah diserang hacker belum lama ini. “Sistem IT PPDB diserang hacker, panitia tunda pengumuman,” ungkap dia, Sabtu, 30 Juni.

Namun, None, sapaan karibnya, menjamin jika data di server epanrita aman. Persoalannya, epanrita merupakan sub domain dari ww.sulselprov.go.id yang merupakan domain resmi Pemprov Sulsel. Karena yang diserang adalah domain utama website Pemprov Sulsel.

“Kita akan verifikasi ulang pengumuman. Kami minta empat hari. Kami tidak membatalakan. Tapi membenarkan pengumuman atau tepatnya melakukan pengakurasian hasil pengumuman,” jelas None.

panitia PPDB telah memutuskan untuk melakukan pengakurasian hasil.pengumuman dan penundana jadwal pendaftaran ulang calon peserta PPDB tahap I sesuai drngan pengumuman yang dikeluarkan panitia PPDB.

None mengatakan, berdasarkan penelusuran dari hasil sistem yang diserang tersebut menghasilkan sebagian kecil data yang masuk.

“Ada pun data pendaftar SMA 145.656 klarifikasi ulang 6.672 (4,9 persen) yang punya data tidak valid. Sementara jenjang smk dari 19.634 pendaftar rerdapat 3.190 (16,24 perseb) tidak valid,” bebeR None.

Panitia PPDBmenganggap serangan hacker sebagai sebuah tindak kriminal yang berdampak pada keresahan sosial orang tua calin peseerq didik

Serta merusak citra pemprov disdik sulsel bakal melaporkan kepada kepolisian, Sabtu, 30 Juni, untuk tindakan pro justicia.

None menyampaikan permintaan maafnyabkepada seluruh masyarakat atas kejadian ini. “Kami akan melakukan pengakurasian data yang hanya 2 persen jni untuk diperbaiki,” jelasnya.