banner dprd mkassar
Wajo  

Ini Agenda Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Wajo

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, SENGKANG -Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meninjau proyek bendungan Passeloreng yang berada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018). Bendungan ini adalah salah satu dari proyek strategis nasional yang diprogramkan pemerintahan Jokowi-JK.

Jokowi menginap sehari di Kota Sengkang, Wajo, setelah melakukan kunjungan kerja di Sidrap dan meresmikan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) Sidrap I.

Bendungan Passeloreng adalah bagian dari 49 bendungan baru yang dibangun. Pembangunan ini dimulai pada 1 Jumi 2015 dan ditargetkan selesai pada 2019 mendatang.

Nilai kontrak pembangunan ini sebesar Rp 701 miliar dan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Bumi Karsa. Bendungan ini memiliki daya tampung 138 meter kubik dan diharapkan dapat mengairi irigasi seluas 7.000 hektar, serta air baku 305 liter per detik. Tidak hanya itu, bandungan ini juga dapat mengurangi banjir di Kabupaten Wajo.

Selain meninjau Passeloreng, Jokowi juga diagendakan melihat pembangungan proyek irigasi kecil dan jalan produksi melalui skema padat karya milik Kementerian PUPR.

Melalui skema ini, pekerja diberi upah pekerja Rp 100 ribu dan buruh Rp 86 ribu yang semuanya adalah petani dari sawah-sawah yang dilalui saluran irigasi.

“Jika bertemu Pak Presiden, jika ditanya jawab apa adanya dan jangan dikurangi dan ditambahi. Apa yang dirasakan disampaikan saja,” kata Menteri Basuki Hadimuljono kepada para petani yang ditemuinya.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *