BBWS Pompengan Je’neberang Gelar Perjanjian Kerjasama dengan Pemkab Takalar 

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBES.COM, TAKALAR –
Dalam rangka Program Percepatan Peningkatan Tataguna Air Irigasi (P3-TGA) di lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Je’neberang tahun 2018, telah dilakukan Penandatangan Perjanjian Kerjasama & Pakta Integritas antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Kementerian PUPR, Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang Prov. Sulsel, di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Senin, 9 Juli 2018.

Penandatangan dilakukan secara simbolis oleh masing-masing 2 perwakilan dari 3 Kabupaten penerima manfaat yaitu Kab. Gowa, Kab. Jeneponto dan Kab. Takalar yang disaksikan oleh Pjs. Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM mewakili Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt. MM, dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang.

Pjs. Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM dalam membacakan sambutan Bupati Takalar mengatakan bahwa maksud dilaksanakannya Penandatanganan SPKS adalah sebagai langkah awal kesepakatan antara P3A dengan PPK dalam menyelesaikan kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun 2018. Dengan Tujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi kecil, irigasi desa dan irigasi tersier.

“Proses pemberdayaan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan dan pengelolaan jaringan irigasi dengan melibatkan peran serta masyarakat sebagai pelaksana kegiatan” jelas Pjs. Sekda Takalar.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini merupakan langkah yang baik dalam upaya kita untuk membantu meningkatkan partisipasi masyarakat  khususnya P3A/GP3A/IP3 dalam memperbaiki atau meningkatkan jaringan irigasi yang ada di masing-masing daerah irigasi penerima Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun 2018”. Harap Pjs. Sekda Takalar

Ir. T. Iskandar MT selaku Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang dalam laporannya menyampaikan bahwa tahun 2018 Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang melakukan kegiatan P3-TGA sebanyak 238 lokasi yang tersebar dibeberapa kabupaten, termasuk Kab. Takalar 10 lokasi, Kab. Jeneponto 6 lokasi dan Kab. Gowa 12 lokasi.

Lanjut dikatakan Perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif tersebut merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat petani secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang, Perwakilan Kodim 1426 Takalar, Kepala BPN Kab. Takalar serta para Petani Pemakai Air.(*)