Di HUT Palopo, Soni Sumarsono, Lantik Penjabat Wali Kota Palopo Andi Arwien Azis

Penerimaan Mahasiswa Baru

SUARACELEBES.COM, PALOPO — Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono, Senin (9/7/2018) menghadiri sekaligus melantik Penjabat Wali Kota Palopo dan Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-16 Kota Palopo.

Ia bersama Istri Raden Roro Tri Rachayu dan didampingi Kepala Bappeda Sulsel Jufri Rahman dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sulsel tiba di Bandara Lagaligo, Bua, Kabupaten Luwu pada Pukul 08.50 Wita.

Saat tiba, Ia dijemput oleh Kepala Badan Pengelola Kuangan Daerah (BPKD) Sulsel yang juga mantan Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Palopo dan sejumlah kepala daerah di Sulsel.

Agenda Soni Sumarsono melantik Andi Arwien Azis selaku Penjabat Wali Kota Palopo di lapangan Pancasila Kota Palopo menggantikan Walikota Palopo Judas Amir yang masa jabatannya berakhir Senin hari ini.

Selain melantik Andi Arwien Azis sebagai Plt Walikota Palopo, Soni Sumarsono pula menghadiri puncak puncak HUT Kota Palopo di lapangan Pancasila.

Di hari jadi ke-16 Kota Palopo, Soni Sumarsono mengatakan bahwa Palopo adalah salah satu daerah di Sulsel yang berkembang sangat maju setelah pemekaran.

“Dari seluruh daerah tidak semua berhasil, tetapi Kota Palopo luar biasa keberhasilannya sebagai kota dengan harapan menjadi kota berkemajuan,“ kata Sumarsono yang juga merupakan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri ini.

Ia juga menilai, Palopo adalah daerah kota baru paling melejit dari kota lain dengan progres catatan selalu teratas di Kemendagri. Palopo daerah yang harmonis dengan kehidupan religius, berbudaya dan modern.

Beberapa daerah yang tidak mengalami perkembangan dipertimbangkan untuk kembali ke wilayah induknya.

Sumarsono juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian seluruh penjabat yang telah mengabdi dan mengakhiri tugas serta harapan yang besar pada pejabat baru.

“Hari ini Penjabat (Arwien Aizs) yang dilantik sangat beruntung dilantik pada tanggal 9 juli 2018 ini. Memilih tanggal sembilan adalah angka tertinggi di alfabet. Karena setelah angka sembilan kembali lagi ke nol. Pada tanggal ini juga diresmikan ruang pola Kantor Wali Kota Palopo dan juga merupakan hari jadi Kota Palopo,“ sebutnya.

Sumarsono juga berterima kasih atas peran serta masyarakat Sulsel, khususnya masyarakat Kota Palopo menciptakan Pilkada Serentak periode ketiga di Indonesia ini berjalan lancar dan damai.

Sumarsono akan berada di Palopo hingga Selasa besok, untuk menghadiri sejumlah rangkaian acara.(*)