ACC Pertanyakan Angaran Pelantikan Kajari Makassar di Rujab Wali kota

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Ketua Badan Pekerja dan Peneliti ACC Sulsel, Wiwin Suwandi, Sabtu mempertanyakan anggaran yang dipakai untuk melakukan pelantikan kajari Makassar di rumah dinas wali kota Makassar, Rabu (1/03/2017).

“Pertama harus di cek dulu anggarannya. Jika anggarannya memakai APBD Pemkot, itu sudah menyalahi aturan. Tapi kalau memakai anggaran Kejati tidak ada masalah, karena¬† kejati bagian dari unsur Korkompimda,”ujar Wiwin.

Meski begitu Wiwin mengatakan pelantikan ini akan dinilai kurang etis, karena mestinya Kejati harus meperlihatkan sikap independennya.

“Yang kedua selaku instansi penegak hukum, Kejati tetap harus menjaga independensi dalam setiap penanganan kasus-kasus hukum, temasuk yg melibatkan jajaran pemkot makassar,”pungkas Wiwin.

Yang terkahir yang paling penting menurut Wiwin adalah pemda dengan kejari  beda rezim UU. Pemda rezim UU Pemda (23/2014), kalau kejari rezim UU Kejaksaan (16/2004).

“Semuanya sudah memiliki organisasi hierarkis yang terpisah satu dengan lainnya. Kejari-Kejati-Kejaksaan agung, kalau pemkot-propinsi (gub)-kemendagri (mendagri). Pelantikan ini mencampur adukan kewenangan masing-masing organisasi,”tutur Wiwin.

Sekedar diketahui, pelantikan kajari baru, akan berlangsung di rumah jabatan wali kota Makassar pada Rabu,(1/03/2017).

 

PEMKOT-Makassar