Pappulung Aroppoe : Sampah Bukan Masalah, namun Sampah adalah Berkah

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Sampah menjadi sebuah masalah di berbagai daerah, termasuk bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sidrap. Masyarakat terkadang masih membuang sampah di sembarang tempat walau pun sudah ada bak Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Hal itu disebabkan kurangnya edukasi terkait soal sampah ditambah lagi volume sampah semakin hari kian meningkat.

Pappulung Aroppoe merupakan Layanan Jasa Pengangkutan Sampah di Kabupaten Sidenreng Rappang dan pertama di wilayah Ajatappareng dengan Slogan “Sampah Bukan Masalah Namun Sampah Adalah Berkah”.

Ketua Pemuda Tani HKTI Sidrap yang juga Founder Pappulung Aroppoe, Abdul Jabbar menjelaskan, tentang bagaimana cara kerja Jasa Layanan Sampah “Pappulung Aroppoe”. Menurutnya, hadirnya Pappulung Aroppoe berusaha menjembatani antara masyarakat dengan para pengangkut sampah. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa memesan driver Pappulung Aroppoe untuk mengangkut sampah. “Kami berbasis aplikasi, bisa di download di Google PlayStore. Setiap harinya, sampah ini akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Patommo yang berlokasi di Kecamatan Watang Pulu,” ujarnya di Base Camp Pappulung Aroppoe, Jalan Hamidong Warkop Bang Ali Rappang.

Lanjutnya, jika Jasa Layanan Sampah Pappulung Aroppoe menyiapkan 4 paket jenis layanan, diantaranya paket sekali angkut, dengan biaya 5.000/angkut. Paket langganan 2 kali angkut seminggu, biaya 25.000/bulan, paket langganan harian, 150.000/bulan. Dan paket acara 100.000/hari.

“Setiap transaksi pembayaran, kami donasikan 10 persen untuk kegiatan sosial dan keagamaan”ungkap Jabbar.

Semenjak Aplikasi Jasa Layanan Sampah Pappulung Aroppoe dilounchingkan pada tanggal 07 Februari 2021, telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari  Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi. “Ini ide dan gagasan yang cemerlang dari generasi milenial Sidrap, kami akan siap mengsupport kedepannya” kata Sudirman.

Nasri A. alias La Onchas, yang juga sebagai Founder Pappulung Aroppoe mengatakan pada prinsipnya kepuasan konsumen merupakan kebanggan bagi kami. Menganut konsep pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi, sosial dan lingkungan untuk Bumi Nene Mallomo.

“Kami kedepannya, akan menerapkan proses “Pemindahan-Pemilahan-Pengolahan” agar sampah bisa berdaya guna dan bernilai guna” ujar Mahasiswa S2 UMS Rappang tersebut.

Salah satu pelanggan Jasa Layanan Sampah “Pappulung Aroppoe”, warga BTN Graha Rappang Indah, Anggie Putra Amir merasa sangat terbantukan sejak beroperasinya jasa layanan sampah ini.

“Biaya yang sangat terjangkau, dan pelayanannya sangat maksimal. Kami tidak lagi capek-capek harus buang sampah ke TPS atau ditempat yang tidak semestinya”ungkapnya.

Sekedar diketahui, Jasa Layanan Sampah Pappulung Aroppoe saat ini beroperasi di wilayah Rappang dan sekitarnya. Memiliki 2 armada motor tiga roda, dan 3 tenaga kerja. Penjemputan sampah, dimulai pukul 07.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita. Yang berminat bisa hubungi nomor Admin HP/WA : 081293066653, 087877244848. Atau pesan lewat Aplikasi Pappulung Aroppoe di Google PlayStore.(*)

Andi Muhammad Fadli