Bupati Bone Bolango Belajar Ternak Sapi di Sidrap

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Hamim Pou, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sidrap. Hamim Pou dan rombongan mendatangi peternakan CV Kur Agro Lestari di Kelurahan Arawa, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap, Rabu (2/11/2016).

“Kami datang untuk belajar bagaimana pemeliharaan dan pembibitan sapi di Kabupaten Sidrap,” kata Hamim.

Saat berkunjung, Hamim didampingi sejumlah kepala SKPD di antaranya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, BP4K, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Perindagkop, Kecamatan, dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Bone Bolango.

Hamim Pou  mengatakan, pada tahun 2017 mendatang, pemerintah Kabupaten Bone Balango akan serius meningkatkan produksi populasi sapi potong.

“Kami Pemerintah Kabupaten Bone Bolango tahun 2017 serius untuk meningkatkan produktivitas produksi maupun populasi sapi potong. Ini untuk mendukung program kecukupan daging (PKD) serta program pengadaan Sapi Bali bibit tahun 2017,” ungkapnya.

Usai berkunjung ke peternakan CV Kur Agro Lestari, rombongan juga mengunjungi PT Berdikari United Livestock (PT BULLS) di Desa Bila, Kecamatan Pitu Riase.

Kemudian , rombongan kembali ke kantor Bupati Sidrap sekitar pukul 12.00 wita. Disini, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou membicarakan kerjasama dengan pemerintah setempat terkait pengadaan sapi-sapi ke Bone Bolango Provinsi Gorontalo.

img_5179

Pemerintah Bone Bolango pada 2017, kata Hamim Pou, juga akan fokus dalam pengentasan kemiskinan seperti apa yang telah dilakukan oleh Bupati Sidrap, H Rusdi Masse.

“Selama ini, kita hanya melihat dan membaca di sejumlah media bahwa Sidrap merupakan terbaik pertama di Sulsel dalam pengentasan kemiskinan. Maka dari itu, kami bersama rombongan datang dari jauh-jauh hanya untuk belajar di daerah ini,” ucapnya.

Bupati Sidrap, H Rusdi Masse yang menerima langsung rombongan mengaku, sangat bangga atas kunjungan Bupati Bone Bolango, Hamim Pou bersama rombongan untuk belajar peternakan sapi di Sidrap.

Ketua DPW NasDem Sulsel ini mengatakan, jumlah populasi sapi di Sidrap pada 2015 sekitar 54.950 ekor, ditambah target 3.000 ekor hasil inseminasi tahun 2016 ini.

“Selain ternak sapi, populasi unggas, ayam ras petelur juga mencapai 5.407.805 ekor, dan ayam ras pedaging sebanyak 3.668.330 ekor. Untuk produksi ayam ras petelur perharinya mencapai kurang lebih 4 juta butir,” tandasnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

emerintah Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, pada tahun 2017 nanti akan fokus untuk mengentaskan kemiskinan, salah satunya melalui peternakan sapi. Hal itu di ungkapkan Bupati Bolango, Hamim Pau, saat mengunjungi lokasi pembibitan sapi di Kelurahan Arawa, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Rabu (2/11/2016).

Saat ini, ungkap Hamim, Kabupaten Bone Bolango memiliki sekitar 12 ribu rumah tangga miskin. Karena itu, Pemerintah Bone Bolango akan membantu dua ekor sapi pada setiap rumah tangga miskin itu.

“Makanya pada tahun 2017 nanti kami akan fokus melakukan pembelian sapi. Salah satu pilihan lokasi pembelian sapi di Sulawesi Selatan adalah Kabupaten Bone dan Kabupaten Sidrap,” ungkap Hamim.

Hamim mengatakan bahwa pihaknya memutuhkan 5.000-6.000 ekor sapi. Dana pembelian sapi itu di ambil dari APBD dan Dana Desa.

“Jadi setiap kepala desa kita anjurkan membeli sapi sekitar 20 ekor dan diberikan ke 10 rumah tangga miskin di wilayahnya. Kami berharap dalam dua tahun, masyarakat kita yang miskin bisa bangkit kembali,” pungkasnya.

 

Andi Muhammad Fadli