Peringati Hari Anti Korupsi, Inspektorat Provinsi Gorontalo Gelar Lomba Cipta  Baca Puisi dan Konten Kreatif

Pemprov-Sulsel PDAM-Makassar

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Inspektorat Provinsi Gorontalo menggelar lomba cipta-baca puisi dan konten kreatif untuk memperingati Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) tahun 2022. Babak final lomba yang melibatkan siswa siswi SMA/SMK itu digelar di Rumah Adat Dulohupa, Kota Gorontalo, Jumat (2/11/2022).

Siswa siswi SMA/SMK diminta untuk cipta-baca puisi serta konten kreatif dengan tema “Membangun Generasi Gorontalo yang Tangguh dan Bebas Korupsi”. Karya sudah dikumpul panitia sejak tanggal 20 – 30 November 2022 dengan proses penjurian untuk menentukan 10 nominator dilaksanakan 1 Desember 2022.

Inspektur Provinsi Gorontalo Sukril Gobel menjelaskan, pelaksanaan berbagai lomba tersebut dimaksudkan untuk menanamkan nilai nilai anti korupsi kepada siswa. Kreativitas siswa dengan akses media sosial juga diharapkan bisa mendesiminasi pesan anti korupsi kepada masyarakat luas.

“Lima sampai 10 tahun nanti adik adik jadi pemimpin. Mengganti bapak ibu guru, menggantikan saya sebagai inspektur, kepala dinas dan sebagainya. Pendidikan anti korupsi sudah harus mulai dari sekarang. Menanamkan nilai nilai anti korupsi,” kata Sukril.

Lomba cipta-baca puisi diikuti oleh 37 peserta dari 28 sekolah se Gorontalo. Sementara lomba konten kreatif diikuti 16 peserta dari 12 sekolah. Partai final yang digelar hari ini untuk menentukan terbaik I hingga harapan III.

“Insyaallah acara puncak Hakordia 2022 akan digelar tanggal 8 Desember. Ada banyak acara nanti termasuk penyerahan hadiah lomba ini,” imbuhnya.

Final lomba diisi dengan cipta-baca puisi dari 10 nominator. Ada juga pemutaran video 10 konten kreatif hasil penjurian sehari sebelumnya. Siswa dan guru pendamping yang masuk nominator diundang pada acara tersebut.(*)

Bapenda-makassar
Banner-nasdem
capil-makassar