Tak Berani Seret Bupati Cantik, ACC Minta KPK Supervisi Kasus DID

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi segera menyurati Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera melakukan supervisi perkara korupsi program modul eksperimen sains berbasis IT dan program Life Science Dinas Pendidikan yang menggunakan Dana Insentif Daerah (DID) Luwu Utara pada 2011.

Desakan supervisi oleh ACC ini dilakukan karena, ACC menilai kasus yang ditangani Polda Sulsel ini terbingkai dan diputarbalikkan. Hal ini disampaikan oleh Direktur ACC, Abdul Muthalib.

“Polda memutarbalikkan fakta dengan mentersangkakan bukan pelaku utama. Sementara pelaku utama yaitu Indah Putri Indriani, perannya sengaja dibingkai,” ujar Thalib

Lebih jelas, Thalib juga melihat Polda sejak awal penanganan tampak melindungi Bupati Lutra tersebut. Oleh sebab itu, ACC menilai patutlah kasus tersebut diserahkan kepada KPK agar penuntasannya lebih serius.

“Memang sengaja dilindungi sejak awal makanya dua orang ditetapkan tersangka, padahal jelas-jelas intelektual dadernya ada pada ibu Indah,” jelasnya

Adapun peran Indah Putri Indriani dalam jabatannya saat itu selaku Wakil Bupati Lutra, dimana dalam proyek tersebut Indah disebut sebagai orang yang membuat rencana kegiatan, penyusunan harga, proses lelang hingga pengaturan siapa rekanan pemenang.

“Berdasarkan pengakuan tersangka Agung memang membenarkan melaksanakan kegiatan yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Tetapi yang merencanakan, menyusun harga dll adalah wakil Bupati yang sekarang menjabat Bupati Lutra,” pungkas Abdul Muthalib.(*)

 

PEMKOT-Makassar