KSS Bantaeng Door to Door Periksa Kesehatan & Sosialisasikan Hidup Sehat

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, BANTAENG — Komunitas Sahabat Sehat (KSS) Bantaeng makin massif melakukan sosialisasi hidup sehat. Komunitas yang baru saja dideklarasikan pekan lalu di Balai Kartini, Bantaeng ini terus mendatangi rumah ke rumah untuk sosialisasi hidup sehat.

Tidak hanya sekadar sosialisasi, komunitas yang terdiri dari honorer tenaga kesehatan dan relawan kesehatan ini juga melakukan tujuh program gratis untuk mesyarakat Bantaeng. Program-program itu di antaranya adalah pemeriksaan kesehatan gratis, konsultasi kesehatan, pemberian rujukan, pemeriksaan laboratorium, promosi kesehatan, pemberian abate dan fogging dan sunatan.

“Semua program ini dilaksanakan secara gratis,” jelas Koordinator Rumah Induk Relawan KSS Bantaeng, Iswandi Gunawan, Minggu, 3 Maret, kemarin.

Dia mengatakan, sosialisasi ini dilakukan dari rumah ke rumah. Tujuannya untuk mendeteksi potensi penyakit yang diderita setiap warga di Bantaeng. Jika menemukan ada potensi penyakit, maka relawan ini akan memberikan tindak lanjut medis lainnya.

“Kegiatan kami utamanya adalah untuk mencegah. Jika ada yang ditemukan penyakit, maka kami upayakan tidak ada komplikasi lanjutan,” jelas dia.

Dia mengatakan, KSS Bantaeng memiliki sejumlah struktur untuk menyentuh semua lapisan masyarakat Bantaeng. Struktur itu terdiri dari rumah induk KSS Bantaeng. Selanjutnya di setiap kecamatan juga ada rumah induk kecamatan yang terdiri dari 8 kecamatan yang ada di Bantaeng.

“Struktur terakhir adalah rumah sehat yang menjadi tempat konsultasi masyarakat. Rumah sehat ini tersebar di semua desa dan kelurahan yang ada di Bantaeng,” jelas dia.

Dia menambahkan, program yang dilaksanakan oleh KSS Bantaeng ini semata-mata adalah program untuk kesejahteraan dan kesehatan warga Bantaeng. Dia menyebut, kegiatan ini adalah bentuk sikap sosial tenaga honorer dan relawan kesehatan Bantaeng.

Sebelumnya, relawan ini dideklarasikan di Balai Kartini, Bantaeng, pekan lalu. Relawan ini terdiri dari 1.600 relawan yang tersebar di semua desa yang ada di Bantaeng. Anggota DPR RI, Azikin Solthan dan Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, Dr Ihsan ikut menghadiri deklarasi itu.

“Kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk relawan ini,” jelas Kadis Kesehatan Bantaeng, Dr Ihsan, beberapa waktu lalu.(*)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC