Oto Dottoro’ Zona Utara Berpangkalan di Puskesmas Keera

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, WAJO – Selasa Siang, 2 Maret 2021 sebuah armada medis (medical vehicle) berlogo Oto Dottoro’ terlihat untuk pertama kalinya “nangkring” di halaman gedung Puskesmas Keera. Sebuah pemandangan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Apa pasal?

Setelah pelbagai pertimbangan matang, Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas Kesehatan akhirnya memutuskan memindahkan pangkalan Oto Dottoro’ Zona Utara yang sebelumnya “ngetem” di Puskemas Pitumpanua (Kelurahan Bulete, Kecamatan Pitumpanua) akhirnya bergeser ke pangkalan barunya di Puskesmas Keera (Kelurahan Ballere-Kecamatan Keera).

Oto Dottoro’ (sebuah kata Bugis yang secara harafiah berarti Mobil Dokter), dengan nomenklatur resmi Pusat Pelayanan Keselamatan Terbaru (PPKT) adalah program yang dijanjikan oleh Duo Amran Bupati dan Wakil Bupati Wajo pada masa kampanye sebelum akhirnya memenangkan Pilkada.

Untuk Zona Utara, satu armada Oto Dottoro’ berpangkalan di Siwa dengan daerah layanan wilayah kerja Puskesmas Pitumpanua (Seluruh Pitumpanua), Puskesmas Keera (Seluruh Keera) dan Puskesmas Salobulo (sebagian Sajoanging) menjadi kendala bagi masyarakat yang jauh dari Siwa.

Keluhan masyarakat Keera dan Sajoanging yang merasa sering lambat dilayani oleh armada ini akibat pangkalan di Siwa yang jauh akhirnya direspon oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo dengan memindahkan pangkalan Oto Dottoro’ dari Siwa ke Keera.

Dalam sebuah wawancara dengan media ini, Kepala UPTD Puskesmas Keera, Ruslan, S.Kep., Ns., M.Kes. mengatakan bahwa memang idealnya mobil ini “ngetem” di Ballere. Posisi Ballere yang berada di tengah-tengah sehingga tidak ada desa di ketiga wilayah kerja puskesmas ini merasa jauh dari pangkalan.

Dalam pantauan media ini, terdapat alasan kuat dan argumentatif mengapa Oto Dottoro’ ini harus berpangkalan di Ballere. Dari data yang ada, tingkat lakalantas di Kecamatan ini sangat tinggi. Alasan argumentatif lainnya adalah wilayah Kecamatan Keera sangatlah luas, sehingga perlu banyak armada.

Jauhnya wilayah kerja Puskesmas Keera dan Salobulo dari Pitumpanua yang menjadi pangkalan Oto Dottoro’ sering dikeluhkan oleh warga. “Apalagi armada kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Keera dan Salobulo minim,” tutur Agustan salah seorang warga Desa Inrello, Kecamatan Keera. Terkadang Oto Dottoro’ lambat tiba di lokasi pesakit bila dihubungi karena berpangkalan di pusat pemerintahan Pitumpanua.

Kecamatan Sajoanging sendiri dilayani oleh dua Oto Dottoro’ yang berbeda pangkalan dan jauh. Wilayah kerja Puskesmas Sajoanging di Jalang dilayani oleh Oto Dottoro’ yang berpangkalan di Peneki.

Pusat Pelayanan Kesehatan Keselamatan Terpadu (PPKT) berupa Oto Dottoro’ ini diluncurkan Sabtu, 15 Februari 2020 tahun lalu. Oto Dottoro’ ini merupakan satu dari 25 program yang dirancang oleh Duo Amran sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wajo.(*)

Andi Muhammad Fadli