banner dprd mkassar

Jusuf Kalla Janji Dua Tahun ke Depan, Industri Pabrik Kantung Darah Terbangun di Indonesia

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, BANDAR LAMPUNG – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI Tahun 2023 di Kota Bandar Lampung, Senin, (3/7/2023).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini memaparkan progres terkini terkait industri pabrik kantung darah di Indonesia.

Menurut JK, agenda tersebut sudah direncakan sejak 10 tahun lalu. Namun hingga kini belum terealisasi.

JK menegaskan harus ada upaya keras untuk mewujudkan impian tersebut. Apalagi saat ini, hampir seluruh persyaratan administrasi sudah ditandatangani.

“Insya Allah dalam waktu 2 tahun yang akan datang kita harus sudah punya industri kerja sama dengan yang lain terkait pabrik industri kantung darah apalagi izin dan lainnya sudah ditandatangani,” ujarnya.

Namun ia mengingatkan, internal PMI juga harus melakukan pembenahan utamanya terkait Unit Daily Dose (UDD). Pasalnya saat ini, baru 19 UDD milik PMI yang terakreditasi. JK menargetkan, UDD PMI yang harus terakreditasi dalam waktu dekat sebanyak 30 hingga 40 UDD.

“Kita harapkan 30 sampai 40 dari 225 UDD yang akan terakreditasi dalam waktu dekat ini. UDD tersebut harus terakreditasi utamanya dalam hal mutu danm sistemnya,” tegas JK.

JK mengatakan, dengan adanya akreditasi tersebut akan mendapatkan pendapatan yang cukup baik bagi UDD, sebab mereka akan langsung plasma darah. Sedangkan yang belum terakreditasi belum bisa mendapatkan plasma.

Lebih jauh, JK juga menyampaikan kenaikan biaya pengganti donor darah sebesar 30 persen. Yakni 360 ribu jadi 490 ribu.

“Mudaha-mudahan kenaikan ini membuat UDD di daerah lebih luas dalam bekerja dan tidak lagi menimbulkan masalah-masalah lagi,” pungkas JK.

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *