banner dprd mkassar

Jusuf Kalla: PMI Siapkan 180 Mobil Tangki Hadapi Ancaman Kekeringan Kemarau

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, BANDAR LAMPUNG – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla (JK) meminta kesiapan organisasi sosial tersebut dalam menghadapi fenomena alam tahun ini. Menurut JK, ke depan, fenomena alam yang diperkirakan terjadi adalah kekeringan.

“Apa yang nampak dan diperkirakan di depan mata adalah ancaman kekeringan. Kita (PMI) harus siap menghadapi fenomena tersebut,” kata Jusuf Kalla saat membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI Tahun 2023 di Kota Bandar Lampung, Senin, (3/7/2023).

JK juga menyatakan kesiapan menghadapi ancaman kekeringan tersebut. Terkini, JK menyebut, PMI telah menyiapkan ratusan mobil tangki untuk melayani daerah-daerah yang terkena dampak kekeringan.

“Kita ada 180 unit dan 150 sementara kita siapkan untuk beroperasi di daerah-daerah yang mengalami kekeringan khususnya air minum,” tambah Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 tersebut.

JK menekankan, PMI memang lebih konsen untuk mengatasi kekeringan air bersih sebagai akibat kekeringan. Padahal, kekeringan air menimbulkan dampak yang sangat kompleks. Seperti kesehatan, produktivitas masyarakat, pertanian, dan lainnya.

“Orang boleh tidak makan 3 hari, tapi tidak ada manusia yang bisa bertahan jika tidak minum dalam waktu lama,” kata JK lagi.

Olehnya itu, ia mengingatkan seluruh masyarakat di Indonesia untuk bersiap menghadapi kekeringan yang tidak diharapkan terjadi itu.

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *