Pekan Depan Kepala Pasar Pabaeng-baeng Disidang

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR- Laisa Dg Manggong, tersangka tunggal kasus dugaan korupsi berupa pungutan liar pasar pabaeng-baeng segera menjalani proses persidangannya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar.

Juru bicara Pengadilan Tipikor Makassar, Ibrahim Palino menyebutkan bahwa Ketua Pengadilan telah menetapkan majelis hakim untuk perkara tersebut.

“Majelisnya sudah ditetapkan, sebagai hakim ketua ada Muhammad Damis dan dua hakim anggota ada Paelori dan Rostansar Ansanay,” ujar Ibrahim

Usai penetapan majelis hakim ini, kata Ibrahim akan segera diatur jadwal sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan,” nanti setelah majelis hakimnya tahu, mereka akan mengatur jadwal sidang, biasanya jika pekan ini majelis hakim ditetapkan, pekan depan jadwal sidangnya sudah keluar,” tambahnya

Sebelumnya, pihak Polda Sulsel menggelar operasi tangkap tangan (OTT) dan mendapati tersangka Laisa Dg Mangong melakukan pungutan liar terhadap para pedagang di pasar pabaeng-baeng.

Laisa kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan dikenakan pasal 2 dan pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

“Awalnya operasi pemberantasan pungli retribusi siluman disana, tapi ternyata laporan yang kami dapat ada penjualan los dipasar yang tidak sesuai,” ujar Marsel, Anggota Kepolisian yang turut langsung dalam OTT

Penjualan los yang tidak sesuai karena pihak pasar mengadakan 30 unit los di pasar Pabaeng-baeng Timur dengan harga jual los Rp 2,250 Juta. Namun dijual oleh LM sebesar Rp 20 juta dan Rp 30 Juta.

Marsel menyebutkan, pengakuan LM, ia sudah menyetor uang hasil penjualan los yang sudah laku sebanyak sembilan los terhadap pihak PD Pasar. Tapi saat diselidiki, penyetoran itu tidak ada.

Selain itu, hasil penyelidikan menguat bahwa dari infrastruktur bangunan Los juga dipakai rangka baja murah yang tentunya tidak sesuai dengan harga jual per unitnya Rp 20 hingga Rp 30 juta.

Pemkot Makassar SC